Pemukiman Warga Terancam Abrasi Sungai Kluet, Warga Masih Tunggu Aksi BNPB dan Pemda Aceh Selatan

Abrasi akibat meluapnya Sungai Kluet, Aceh Selatan, mengancam rumah warga Gampong Kedai Padang (dok. KM)
Abrasi akibat meluapnya Sungai Kluet, Aceh Selatan, mengancam rumah warga Gampong Kedai Padang (dok. KM)

ACEH SELATAN (KM) – Pemukiman penduduk di Gampong Kedai Padang, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, diguyur hujan deras beberapa hari ini sehingga menyebabkan terjadinya abrasi di Sungai Kluet, Rabu (11/10/2017).

Derasnya terjangan arus Sungai Kluet menyebabkan terjadinya pengikisan di sekitar tebing sungai, sehingga beberapa rumah warga yang hanya berjarak satu sampai dua meter terancam abarasi akibat luapan sungai tersebut.

Menurut informasi yang dihimpun, intensitas curah hujan yang tinggi mengakibatkan meluapnya air sungai hingga ke perumahan warga, dan mengancam beberapa rumah warga akibat terjadinya abrasi Sungai Kluet yang semakin meluas dan menimbulkan kecemasan bagi warga bila musim hujan.

Camat Kluet Utara, Zainal, saat dikonfirmasi via selular menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengetahui musibah abrasi yang melanda Gampong Kedai Padang tersebut. Dan kejadian ini telah dilaporkan ke BNPB Aceh Selatan bahkan Pemerintah Aceh, namun belum ada tanggapan.

“Kita berharap ini segera ditangani dan direalisasikan, kepada masyarakat saya juga meminta kesabarannya karena bencana ini terjadi juga merupakan musibah kita bersama,”ujar Zainal.

Sampai berita ini dilaporkan, menurut informasi dari masyarakat setempat belum ada dari pihak BNPB Kabupaten Aceh Selatan yang sampai ke titik abrasi tersebut dan belum ada penanganan dari Pemda Aceh Selatan.

Reporter: Ariandy
Editor: HJA

Komentar Facebook

1 Trackback / Pingback

  1. Mahasiswa Aceh Selatan Tuntut DPRA Tanggapi dan Berikan Solusi Terhadap Abrasi Sungai Kluet – KUPAS MERDEKA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*