Pansus Angket: Sulit Selesaikan Tugas Kalau KPK Enggan Penuhi Panggilan

Ketua Pansus Agun Gunandjar dan Arteria Dahlan saat konfrensi pers, Kamis 26/10 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Ketua Pansus Hak Angket Terhadap KPK Agun Gunandjar menggelar koferensi pers terkait tidak hadirnya Sekjen KPK untuk dimintai penjelasan tentang tata kelola sumber daya manusia di lembaga tersebut.

“Pansus juga sudah melayangkan surat kepada Labuksi [Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi] untuk mengundang meminta keterangan terkait tata kelola barang-barang rampasan dan barang sitaan,” kata Agun.

“Jangan sampai barang-barang sitaan tersebut di kemudian hari kemudian bermasalah. Kami baru saja menerima berita dari pimpinan KPK bahwa suratnya dalam perjalanan tapi melalui WA dikirimkan terlebih dahulu pada sekretariat tertanggal 26 Oktober yang ditandatangani oleh Agus Rahardjo ketua KPK… Sudah menginstruksikan kepada Sekjen KPK maupun koordinator Labuksi [namun] menyatakan tidak bisa menghadiri,” sambungnya. 

“Kemudian kami menyurati dengan surat yang kedua namun alasannya masih tetap yang terkait dan masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi untuk diselesaikan terlebih dahulu. Jadi pada prinsipnya beliau tunggu putusan MK, oleh karena itu pada hari ini Pansus tetap akan rapat untuk menyatakan bahwa rapat yang berkenaan dengan Sekjen KPK akan kita tunda sampai dengan langkah-langkah berikutnya,” ucap politisi Partai Golkar itu.

Sementara itu, Agun menegaskan bahwa pihaknya akan “terus bekerja”.

“Selain itu,untuk langkah selanjutnya Pansus juga mungkin akan segera memutuskan dan meminta  dan mengundang pimpinan DPR dan seluruh fraksi yang ada untuk rapat konsultasi guna untuk menyelesaikan seluruh tugas akhir dari pansus ini,” sambung Agun.

“Bagi kami akan lebih baik pansus ini jika segera kita selesaikan. Persoalannya adalah bagaimana kita akan menyelesaikan atas temuan temuan tersebut, kalau sampai dengan hari ini pihak yang menjadi subjek dan objek penyelidikan kita belum berkenan hadir di hadapan pansus?” katanya. 

Reporter: Indra Falmigo
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*