Kehilangan Ibunya, Anak Penjual Kopi ini Nyaris Batal Jadi Pembicara di Seminar WHO di Kanada

Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat akhirnya menemukan Purwati, ibu dari Monica (15) yang diundang menjadi pembicara pada konferensi WHO di Kanada Oktoer mendatang (dok. KM) Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat akhirnya menemukan Purwati, ibu dari Monica (15) yang diundang menjadi pembicara pada konferensi WHO di Kanada Oktoer mendatang (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Monica (15), anak dari seorang penjual kopi keliling nyaris batal berangkat ke Kanada untuk memenuhi undangan dari organisasi sayap PBB, World Health Organization (WHO), ketika persetujuan ibunya untuk keberangkatannya sulit ia dapatkan, lantaran ibunya sempat tidak diketahui keberadaannya.

Monica diundang untuk menjadi narasumber dalam acara WHO di Ottawa, Kanada, sedangkan sang ibu kerap berpindah tempat ketika berjualan kopi, menyusul penggusuran rumahnya.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Susana Budi Susilowati mengemukakan, saat ini sang ibu yang bernama Purwati itu akhirnya ditemukan.

“Setelah mendapat info kehilangan, petugas kami segera mencari ibu Purwati. Sekarang ibu Purwati sudah kami temukan,” ujar Susana saat dihubungi, Rabu 4/10.

Sang ibu diketahui memiliki KTP yang beralamat di Jalan Dahlia, RT 08/RW 01, Kramat, Senen. Namun kini ia tinggal beralas sederhana di selokan dekat Stasiun Senen.

Tempat tinggalnya terkena penggusuran, sehingga ia terpaksa berpindah-pindah. Petugas pun sempat kesulitan mencari Purwati. Akhirnya ia ditemukan di pertigaan Jalan Gandasuri, Jakarta Pusat.

Susana juga menyampaikan, Monica diundang WHO ke Ottawa, Kanada, dalam acara Penghapusan Kekerasan Anak. Hanya saja pemerintahan Kanada membutuhkan tanda tangan Ibunya.

“Batas akhirnya hari ini. Jadi ibu Purwati jam 12 harus sudah berada di Kuningan City Mall di Kantor VFS Global,” kata Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Susana Budi Susilowati.

Monica sendiri berhasil lulus seleksi untuk berangkat ke Kanada dengan mengirimkan artikel tentang Mengakhiri Kekerasan Anak.

Monica mendapat undangan pertemuan The WHO 8th Milestone of Global Campaign for Violence Prevention, di Ottawa, Canada pada tanggal 19-20 Oktober 2017.

Pertemuan itu akan dihadiri oleh perwakilan anak, pemerintah dan NGO, sedunia.

Reporter: Is
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*