Pengamat: “Pemkab Bogor Anggarkan Miliaran untuk Pemeliharaan Sarana TPA Galuga, Aset Malah Jadi Rongsokan”

Salah satu alat berat di TPA Galuga, Bogor, yang terbengkalai (dok. KM)
Salah satu alat berat di TPA Galuga, Bogor, yang terbengkalai (dok. KM)

BOGOR (KM) – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor di tahun 2017 ini memiliki kegiatan operasi dan pemeliharaan sarana dan prasarana TPA, berupa sewa alat berat untuk perataan, pendorongan, dan penataan sampah di TPA Galuga.

“Tidak tanggung-tanggung, anggaran yang disiapkan mencapai Rp 1,8 miliar lebih. Sedangkan fakta di lapangan, terdapat tiga unit alat berat yang terdiri dari 2 bulldozer dan 1 excavator milik dinas lingkungan hidup Kabupaten Bogor yang berada di TPA Galuga, hanya menjadi onggokan besi tua menghiasi tumpukan sampah,“ungkap Koordinator Investigasi Center For Budget Analysis, Jajang Nurjaman, saat dihubungi melalui WhatsApp, Selasa 12/9.

Menurut dia, hal tersebut sangat janggal karena Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Bogor sebenarnya memiliki anggaran yang cukup tiap tahunnya untuk melakukan perawatan alat berat yang ada di TPA Galuga.

Ia pun mengatakan, kalau sudah begini, pihak berwenang seperti Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor harus segera membuka penyelidikan soal terbengkalainya 2 bulldozer dan 1 excavator milik DLH Kabupaten Bogor yang berada di TPA Galuga.

“Karena sangat aneh, tiap tahunnya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor mengeluarkan anggaran miliaran untuk pemeliharaan sarana dan prasarana TPA Galuga. Tapi aset yang ada malah jadi rongsokan,” kata dia.

Reporter: Ayub, Deva
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*