Pengerjaan Proyek Bronjong Sungai Cikupa Diduga “Asal Jadi”

(dok. KM)
(dok. KM)

PANDEGLANG (KM) – Paket proyek saluran irigasi Cikupa yang bersifat penunjukan langsung yang ada pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pandeglang dinilai tidak transparan, selain pelaksanaan proyek yang sangat singkat. Sebagai indikator dari ketidaktransparanan, ditemukan di lapangan pekerjaan tidak adanya papan informasi bahwa kegiatan tersebut dari mana sumber dananya serta siapa pelaksana kegiatannya, walaupun proyek ini bersifat penunjukan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, kegiatan hasil pekerjaan tersebut dinilai asal jadi terlihat dengan hasil pemasangan yang kurang sempurna dan tanpa ada galian melainkan dipasang langsung diatas hamparan dasar sungai yang terdiri batu cadas, Selain itu dalam pemasangan Bronjong yang diduga asal jadi, belum lagi penggunaan batu isi bronjong tersebut.

Ditemui diruang kerjanya Rabu (23/08/2017), Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pandeglang Cecep Komara mengatakan, “mungkin bisa saja pemasangan bronjong itu sudah sesuai gambar, karena dalam sebuah pekerjaan itu ada konsultan pengawasnya,” ujarnya.

“Saya harus pertanyakan sama konsultan pengawasnya, kebetulan disini ada anggota Tim PHO silahkan tanyakan, karena pekerjaan itu sudah selesai,” ucap Kabid.

Masih di tempat yang sama dikatakan Dhevy dari Tim PHO proyek itu, bahwa pihaknya tidak bisa mengatakan kalau pemasangan beronjong itu salah ataupun sudah sesuai bestek atau gambar, namun yang jelas, pihaknya harus menemui konsultan pengawas untuk mengecek kembali spek teknis dari proyek ini, “karena gambar ataupun RAB pembangunan beronjong itu ada padanya,” ucapnya.

*Red

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: