KUPAS PROFIL: Mengenal Lebih Dekat dr. Sanusi, Dokter Gemilang dari NTB

dr. Sanusi (kiri) dengan staf khusus Wapres RI dr. Kaharuddin (dok. KM)
dr. Sanusi (kiri) dengan staf khusus Wapres RI dr. Kaharuddin (dok. KM)

(KM) – Dr. H. Sanusi, Sp.OG dikenal sebagai sosok pekerja keras yang lahir di salah satu daerah di Tawali Wera Bima Nusa Tenggara Barat. Sanusi menghabiskan masa pendidikan sampai di SMA Mataram Lombok. Setamat SMA, Sanusi melabuhkan hatinya ke dunia kedokteran, melanjutkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali, dan lulus pada tahun 1997 , kemudian mendalami Spesialis Kebidanan dan Kandungan di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sumatera Utara, hingga mendapat gelar Sp.OG.

Dalam karir riwayat organisasi, Sanusi tak diragukan lagi. Dalam dunia kedokteran, ia pernah menjadi ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sigli, Pidie Daerah Istimewa Aceh, dan Ketua Ikatan Keluarga Kec Wera (IKRA) di Jabodetabek. Selain itu juga pernah menjadi Ketua Badan Musyawarah Masyarakat Bima (BMMB) Jabodetabek serta Ketua Komite Pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa (KP3S) sejak tahun 2010 sampai sekarang.

Dalam hal karirnya di dunia kedokteran, Sanusi pernah bertugas jadi Dokter Inpres sebagai Pegawai Negei Sipil di Sigli Pidi, D.I Aceh sejak tahun 1977 sampai dengan 1982. Ia juga pernah menjabat Kepala Puskesmas TANGSE Sigli Pidi Daerah Istimewa Aceh, dan selanjutnya menjadi Kepala Rumah Sakit Umum Sigli Pidi. Kemudian sebagai Pegawai Negeri Sipil di Dinas Kesehatan DKI Jakarta hingga pensiun tahun 2010.

Karena kecintaannya terhadap dunia kesehatan, tak ayal Sanusi mendirikan Rumah Sakit Bersalin Anggrek Mas di Jakarta Barat sebagai direktur dan pemilik.

Selain di bidang kesehatan, sosok Sanusi juga mendalami dunia peternakan sapi. PT. Sondi Bima Sangiang di Wera Bima, Pulau Sumbawa, tanah kelahirannya, mempekerjakan masyarakat dalam usaha tersebut sejak tahun 1992 sampai sekarang.

Dalam kehidupan rumah tangga, Sanusi dikaruniai tiga anak, yakni Shynta Lydia Sanusi SE, MM dan Dr Wahyu Ginealdy Sanusi serta Dr Marendra Mahathir Sanusi, buah dari perkawinannya dengan Rosita Abdi, MSi.

Melihat latar belakang serta disiplin ilmunya, Dr H. Sanusi, Sp.OG dianggap layak menduduki kursi Kementerian Kesehatan dalam kabinet Jokowi-JK. Hal tersebut merupakan usulan dari Gumilar Abdul Latif dari Tim Relawan Jokowi-JK Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Dalam usia enam puluh lima tahun, sosok figur Sanusi tidak diragukan lagi dalam dunia kesehatan,” tegas Koordinator Tim Relawan Jokowi-JK itu.

*Red

Leave a comment

Your email address will not be published.


*