Raker Strategis Alumni PKU MUI Dorong Kiprah Kader Ulama di Tengah Masyarakat

Para kader dan alumni PKU 9 MUI berdiskusi lakukan langkah-langkah strategis organisasi terhadap masyarakat (dok. KM)
Para kader dan alumni PKU 9 MUI berdiskusi lakukan langkah-langkah strategis organisasi terhadap masyarakat (dok. KM)

BOGOR (KM) – Guna mempererat silaturahmi dan memperkuat eksistensi, Harokah Alumni Pendidikan Kader Ulama (PKU) angkatan ke-9 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor menggelar Rapat Kerja (Raker) Strategis di Villa Lokapurna, Gunung Salak Endah Pamijahan Bogor pada Sabtu-Minggu (8-9/4/2017).

Dalam kegiatan ini, Ketua Panitia Burhanudin mengatakan, bahwa kegiatan yang dihadiri para Almuni PKU ini sengaja digagas dalam rangka mempererat silaturahim dan memperkuat eksistensi harokah alumni PKU 9 MUI dalam kiprahnya sebagai kader ulama di tengah masyarakat.

“Konsolidasi gerakan organisasi perlu di lakukan, sebagai penguat kiprah alumni di tengah masyarakat. Walaupun Kiprah Alumni secara pribadi sudah tidak lagi diragukan,” ujarnya.

Raker Strategis ini bertujuan untuk menyusun rencana-rencana kerja strategis dalam memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasan, agar alumni PKU mampu berperan secara maksimal untuk kepentingan umat.

“Alumni PKU yang telah melalui proses pendidikan dan pelatihan selama 4 bulan dituntut menjadi kader-kader yang mau berjuang dan pantang menyerah dalam melakukan dakwah, harus menjadi cendekiawan dan ilmuwan yang siap mendedikasikan diri untuk masyarakat dan bangsa,” tegas Ketua Angkatan PKU 9, Arif Prasetya.

Masih kata Arif, setidaknya ada 3 poin utama hasil Rapat Kerja yang direkomendasi dan menjadi keputusan dalam Raker Alumni PKU ini. Yakni pertama, mendorong agar silaturahim tetap terjaga dan sebagai ruang diskusi maka Alumni PKU melakukan kegiatan pertemuan rutin bulanan, kedua, mendorong agar alumni PKU melakukan sinergitas kepada pihak-pihak terkait di wilayahnya agar kiprah sebagai kader ulama semakin nyata dan yang ketiga adalah PKU 9 akan menggagas kegiatan yang bernama ‘Nyaba Lembur’ guna terjun langsung ke masyarakat dalam bentuk kegiatan dakwah, bakti sosial, pembinaan dan bila perlu melakukan pelatihan terhadap masyarakat di semua segment kemasyarakatan.

Sementara itu Ketua Komisi hubungan luar negeri MUI Kab. Bogor, Irvan Zaryab Awaludin menyampaikan apresiasi atas terselenggara kegiatan Raker ini. “Kegiatan ini langka dan baru pertama dilakukan sepanjang adanya alumni PKU angkatan,” katanya.

Namun dirinya tidak lupa berpesan Bahwa alumni PKU tidak boleh hanya banyak memikirkan masalah yang akhir-akhir ini sedang dihadapi Bangsa dan Negara,

“Alumni PKU harus menjadi solusi atas permasalahan bangsa saat ini, para alumni harus siap menjadi penerus perjuangan para ulama, apalagi ulama-ulama sepuh juga semakin hari semakin sedikit,”

“Oleh karena itu kita harus mulai mengabadikan karya dan pemikiran mereka sehingga kedepan apabila kyai-kyai sepuh sudah tutup usia kita masih punya warisan karya-karya dan pemikiran mereka untuk terus disampaikan kepada ummat,” pungkasnya.

Reporter: DP
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*