CBA Duga ada Markup Anggaran Proyek Buku Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor

Koordinator Investigasi LSM Center for Budget Analysis (CBA) Jajang Nurjaman (dok. KM)
Koordinator Investigasi LSM Center for Budget Analysis (CBA) Jajang Nurjaman (dok. KM)

BOGOR (KM) – Pengadaan buku UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) dan ensiklopedia tematik keterampilan pramuka untuk tingkat SD yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bogor pada tahun 2016 menjadi sorotan CBA (Center for Budget Analysis).

Koordinator Investigasi CBA, Jajang Nurjaman yang dihubungi kupasmerdeka.com via handpone menjelaskan, dari anggaran yang disiapkan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor sebesar Rp. 1,4 M lebih. “Hal tersebut kami anggap janggal karena terlalu mahal. Diduga dalam proyek ini sejak proses lelang terjadi penggelembungan anggaran yang berpotensi merugikan negara,” ungkapnya.

Penjelasannya, lanjut Jajang, CV Enel Bersaudara yang beralamat di Taman Pagelaran, Blok G6, No.14, Ciomas-Kabupaten Bogor, merupakan perusahaan yang memenangkan tender Pemkab Bogor. Proyek yang dijalankan perusahaan tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp. 1.432.100.400,-.

Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor (stock)

Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor (stock)

“Padahal jika pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor lebih selektif lagi, anggaran yang dibutuhkan tidak lebih dari Rp1,350,208,000 seperti yang ditawarkan CV. Bintang Manunggal,” jelas Jajang memaparkan.

Advertisement

Masih menurut Jajang, berdasarkan data tersebut ditemukan potensi kebocoran anggaran sebesar Rp. 81.892.400,-. “Ini patut disayangkan, uang puluhan juta tersebut tentunya akan lebih berguna bagi banyak sekolah di Kabupaten Bogor yang kekurangan dana pendidikan,” katanya.

“Dari temuan di atas, CBA mendorong pihak berwenang seperti kepolisian dan KPK untuk menindaklanjuti kasus tersebut. Harus dipastikan juga apakah pembagian buku tersebut merata dibagikan ke 80 sekolah di Kabupaten Bogor atau hanya hitungan di atas kertas,” tegasnya.

* Red

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*