Politisi PDIP Sarankan SBY Lapor Dugaan Penyadapan ke Polisi

Eddy Kusuma Wijaya, Anggota Komisi 3 DPR-RI dari Fraksi PDIP (dok. Indra/KM)
Eddy Kusuma Wijaya, Anggota Komisi 3 DPR-RI dari Fraksi PDIP (dok. Indra/KM)

JAKARTA (KM) – Dugaan penyadapan kepada mantan Presiden Susilo Bambang Yudoyono semakin mencuat di pemberitaan. Sampai saat ini, belum diketahui dengan pasti apakah memang terjadi penyadapan dan siapa yang telah menyadap pembicaraan antara SBY dengan Ketua MUI Ma’ruf Amin yang diungkapkan pada sidang terdakwa penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama pekan lalu.

Dugaan tersebut ditanggapi oleh anggota Komisi III DPR-RI dari Fraksi PDIP, Irjen Pol. (Purn) Eddy Kusuma Wijaya. “Kalau SBY merasa ada perasaan disadap, SBY harus melaporkannya kepada kepolisian. Kalau polisi tidak boleh menyadap dan itu sudah dinyatakan oleh Kapolri,” ujar Eddy saat ditemui oleh KM di ruang kerjanya pada Senin 6/2.

Lebih lanjut, Eddy menjelaskan, “dalam menjalankan tugas  kepolisian, ada yang namanya early detection. Sifatnya yaitu pencegahan. Berkaitan dengan itu, polisi akan bekerja jangan sampai terjadi, makanya harus ada tindakan pencegahan terlebih dahulu. Itu yang disebut preventif aktif. Kalau preventif pasif, seperti polisi yang jaga di jalan, di perempatan lalu lintas, di bank dan sebagainya,” ujar Eddy.

Advertisement

Terkait tentang fraksi Partai Demokrat di DPR  yang mengusulkan hak angket, Eddy menjelaskan, “itu sah-sah saja, itu haknya DPR. Tapi apakah anggota-anggota DPR yang lain setuju atau tidak, [itu] kalau kasus itu sudah jelas ada pelanggaran hukumnya, baru bisa angket,” jelas politis PDIP itu.

Lebih lanjut kata Eddy, “polisi itu tugasnya lidik dan penyelidikan, kalau tidak ada informasi dan laporan dari masyarakat, bagaimana polisi bisa menyidik, karena kan tidak semua polisi itu tahu persoalan yang ada di masyarakat kalau tidak ada informasi dan laporan,” ujar pensiunan jenderal polisi itu. (Indra Falmigo)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: