SMK Negeri 1 Sukalarang Tingkatkan Kompetensi dengan Uji Praktek

Salah satu mobil hasil rakitan siswa SMKN 1 Sukalarang (dok. KM)
Salah satu mobil hasil rakitan siswa SMKN 1 Sukalarang (dok. KM)

SUKABUMI (KM) – Untuk mencetak SDM yang handal dan siap pakai, SMK Negeri 1 Sukalarang, Sukabumi, siap bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya di sejumlah bidang kompetensi jurusan, dengan mengusung pendekatan peningkatan kompetensi melalui uji praktek.

Hal tersebut diterangkan oleh wakil kepala sekolah SMKN 1 Sukalarang bidang kesiswaan, Eet Sumantri, saat ditemui oleh KM. “Ya, kami sebagai pengurus dan pendidik di sekolah ini, tentunya sesuai dengan bidangnya masing-masing, akan selalu berperan untuk memberikan bimbingan dan pelatihan-pelatihan melaui uji praktek, dalam hal menciptakan kemampuan mereka. Dan kami persiapkan untuk ke depan, agar setelah mereka lulus dari sekolah  SMK Negeri 1 Sukalarang ini, sudah siap dengan bekal ilmu yang  dimilikinya, sehingga mereka ketika dites nanti oleh sebuah perusaan yang dilamarnya, dapat diterima dengan hasil yang memuaskan,” ungkap Eet kepada KM, Senin 23/1.

Adapun Eet menerangkan bahwa di SMKN 1 Sukalarang, dari  enam jurusan yang ada, ada dua jurusan kompetensi yang menjadi unggulannya, yakni jurusan TKR Otomotif dan Broadcasting. Bahkan bagi jurusan yang dianggap baru seperti Broadcasting, untuk sarana penyiaran radio telah tersedia dan siap mengudara, sedangkan untuk bidang siaran Televisi, secepatnya akan menyusul nanti.

“Sekolah kami adalah salah satu sekolah yang telah ditunjuk untuk se-kabupaten Sukabumi dari dua sekolah yang ada,yang menjadi sebagai perwakilan sekolah SMK rujukan,” tambahnya.

Namun dengan beragam kelebihannya,  ia juga mengakui bahwa  SMK yang berdiri di atas lahan seluas tiga hektar ini ternyata baru memiliki 36 ruangan kelas belajar untuk menampung siswa sejumlah 960 murid. Jumlah itu dianggap masih kurang, karena beberapa ruangan yang seharusnya digunakan untuk ruangan kegiatan praktek kini  digunakan untuk ruangan TU, Kepsek, dan ruangan para guru. (Muklis)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: