Berdalih Infaq, MTsN Kota Bogor Pungut Rp. 1,5 Juta untuk Pembangunan Masjid dan WC

pungli sekolah
Ilustrasi Pungli di sekolah

BOGOR (KM) – Dengan dalih infaq, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Bogor nekat memungut Rp. 1,5 juta kepada seluruh siswa didik kelas X dalam setiap proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) setiap tahunnya.

“Pokoknya setiap tahun ajaran baru, siswa kelas X yang baru masuk harus bayar infaq sebesar Rp 1,5 juta untuk membantu pembangunan masjid dan WC,” kata orangtua siswa yang tidak mau menyebutkan jatidirinya kepada kupasmerdeka.com, Sabtu (14/01/2017).

Lanjut dia, untuk siswa didik baru yang masuk tahun ajaran 2016/2017 harus merogoh kantong sebesar Rp 1,5 juta.

“Jadi setiap tahun uang infaq selalu bertambah, tahun sebelumnya siswa yang baru masuk bayar Rp 1,3 juta. Mungkin PPDB 2017/2018 akan bertambah lagi menjadi  Rp 1,7 juta, padahal masjid dan WC sudah selesai,” ungkapnya.

Advertisement

Kepala sekolah MTsN Kota Bogor, H. Abdurahman, berkelit bahwa pihaknya dalam setiap PPDB tidak mematok kepada siswa didik untuk membayar infaq.

“Ya seikhlasnya aja, ada yang Rp. 300 ribu, ada juga yang Rp. 500 ribu. Pokoknya kami tidak mematok, karena  untuk membangun masjid dan WC tidak ada dari pemerintah,” singkatnya.

Sementara Ketua LSM Fitra, Ucok Khadafi, menuding bahwa infaq yang ada di MTsN Kota Bogor hanya akal-akalan saja untuk meraih keuntungan.

“Seharusnya pihak sekolah jangan membebankan kepada siswa, karena tidak semua siswa  mampu. Bahkan siswa yang tidak mampu, orangtuanya terpaksa harus meminjam ke lintah darat atau rentenir,” tegasnya. (Pend/dedi)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: