Sidang Paripurna DPR Lantik Setnov Kembali Jadi Ketua DPR

Pelantikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR-RI Periode 2016-2019 (dok. KM)
Pelantikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR-RI Periode 2016-2019 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Sidang Paripurna yang berlangsung di Gedung Nusantara 2 DPR RI telah menyetujui pergantian Ketua DPR RI dari Ade Komarudin kembali kepada Setya Novanto, Rabu 30/11.

Namun Ade Komarudin sendiri berhalangan hadir dalam sidang paripurna tersebut, dan sidang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

“Apakah semua menyetujui dengan pergantian Ketua DPR yaitu bapak Setya Novanto, menggantikan  Bapak Ade Komarudin menjadi Ketua DPR periode 2014-2019?” ujar Fadli di hadapan sidang.

Di iringi tepuk tangan, seluruh anggota DPR menyatakan setuju, dan Fadli langsung mengetok palu. Sidang dilanjutkan dengan pelantikan dan sumpah jabatan Ketua DPR yang baru Setya Novanto.

Sementara usai pelantikan dan melakukan sumpah jabatan, Setya Novanto memaparkan pidato singkatnya.

“Terimakasih atas dukungan seluruh anggota dan fraksi. Kami akan bekerja sesuai dengan harapan rakyat, kami juga akan meningkatkan hubungan yang lebih produktif dengan lembaga tinggi negara lain, khususnya dengan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperkuat sistem Presidensial.

Untuk itu, sekali lagi saya berterima kasih kepada kita semua. Dengan fungsi pengawasan yang kita lakukan bersama, dengan fungsi anggaran untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, untuk itu saya mohon kepada seluruh anggota Dewan yang terhormat, mari kita memberikan keadilan sebaik-baiknya dan juga dengan pimpinan dan seluruh anggota dewan demi kepentingan Negara dan Bangsa dan demi kepentingan rakyat Indonesia,” ucap Setnov dalam pidato pelantikannya.

Sebelumnya, politisi Partai Golkar itu sempat mengundurkan diri dari jabatan ketua DPR ketika terbelit skandal “Papa Minta Saham”, dan digantikan oleh Ade Komarudin. Kini, usai kasus tersebut reda, Partai Golkar memutuskan untuk mengembalikan jabatan tersebut kepada Setnov. (Indra Falmigo)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*