Lia Callia, Dari Kompetisi ke Kompetisi Hingga Puncak Dunia Dangdut Indonesia

Lia Callia (kiri) saat membawakan lagu di panggung (dok. KM)
Lia Callia (kiri) saat membawakan lagu di panggung (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Tekad besar Lia Callia menjajal ranah dangdut Tanah Air tentu patut diacungi jempol. Dengan bakat besar dalam dirinya, Lia mengawali debut kariernya di dunia tarik suara lewat ajang pencarian bakat KDI (Kontes Dangdut Indonesia) di TPI tahun 2008 lalu.

Kala itu, bermodal talenta yang besar, Lia berhasil mencapai 50 besar di kota Banjarmasin dan tahun berikutnya, Lia kembali mencoba kontes KDI, dan berhasil lebih baik lagi, menjadi 5 besar untuk perwakilan Kalimantan,
bahkan Lia sempat mengikuti karantina di Jakarta selama 20 hari.

“Saat itu saya kelas III SMAN 3 Banjarmasin, dan sedang mengikuti ujian akhir,” ucap Lia saat ditemui KM Selasa 13/12.

Lanjut Lia, waktu itu, di penampilan pertamanya itu, ia membawakan lagu “Jangan Tunggu Lama-Lama”, dan kala itu Lia berhasil menjadi juara 3 saat polling SMS, dan berhasil masuk ke babak Play Off.

“Penampilan kedua aku pun tak kalah hebatnya, aku lagi-lagi dapat juara 3 saat polling SMS. Alhamdulilah, melalui perjuangan keras, akhirnya berhasil mencapai ranking 22 besar dari 40 peserta se-Indonesia. Tak sampai di situ saja, tahun 2010 aku ikut menjajal ajang Viva Dandut Mania TPI, membawakan lagu “Buta”, ciptaan H Rhoma Irama,” katanya.

“Lalu tahun 2011, aku ikut ajang Tarung Dangdut MNCTV dan bersaing dengan artis dangdut Erni AB lewat lagu “Madu Merah” yang dipopulerkan Itje Trisnawati. Juri Vote Look saat itu tak segan memberikan Lia nilai 50:50, dan aku pun berhasil membawa pulang hadiah uang yang cukup besar saat itu dari MNCTV.

Di tahun 2012, Lia juga mengikuti ajang Bintang Radio Banjarmasin yang digelar MNCTV, di acara Grebek Nusantara dan berhasil terpilih saat itu, dan tampil duet secara live dengan Ira Swara, membawakan lagu “Kata Pujangga”, ciptaan H Rhoma Irama,” tukas Lia.

Seakan tak pernah bosan menjajal kemampuannya di ajang pencarian bakat, tahun 2013 Lia kembali mengikuti ajang sejenis di MNCTV. Lia berhasil lolos, dengan tampil duet bersama Nita Talia membawakan lagu Armada, “Mau Dibawa Ke Mana”. Terakhir kali, Lia mengikuti Audisi Dangdut Academy Indosiar di Surabaya, dan berhasil menempatkan dirinya di ranking 14 besar.

Di ranah dangdut Tanah Air, pedangdut jebolan KDI asal Banjarmasin ini mengusung aliran “modern dangdut”, yang kental dibalut dengan house music.

Dengan itu, Lia mencoba menghadirkan nuansa dangdut yang lebih fresh buat pecinta musik dangdut era kini.
Tak sulit mengenal karakter Lia di atas panggung. Dengan penampilan seperti Catwoman, disertai ciri khas “Goyang Pecut”, Lia semakin memberi warna bagi musik dangdut Tanah Air.

Kini dia meraih suksesnya dengan single bertajuk “Mungkin Dia Lelah”. Ketika awak KM mengkonfirmasi Lia Callia di sela-sela rekaman album single terbarunya di bilangan Jakarta Selatan, Lia mengungkapkan, “saat ini aku kembali merilis single baru bertajuk ”Di Mana Kamu”, ciptaanku sendiri. Lia optimistis, single baru ini akan kembali mendapat sambutan positif dari pecinta musik dangdut Tanah Air, dan yakin single baru ini dapat kembali menuai sukses, lebih dari single sebelumnya.”

“Saya optimistis, single baru berjudul Di “Mana Kamu” ciptaan saya sendiri, akan diterima pecinta musik Tanah Air,” tutup Lia. (Rully)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*