Komunitas Sahabat Anak Gelar Diklat Jurnalistik Bagi Relawannya

Wartawan KM menjadi pemateri pada diklat Jurnalistik oleh KOSA Tasikmalaya, Jumat 25/11 (dok. KM)
Wartawan KM menjadi pemateri pada diklat Jurnalistik oleh KOSA Tasikmalaya, Jumat 25/11 (dok. KM)

TASIKMALAYA (KM) – Komunitas Sahabat Anak (KOSA) di wilayah Indihiyang, Rajapolah kabupaten Tasikmalaya Jabar, ternyata bukan saja menggeluti kegiatan seputar kepedulian terhadap anak. Komunitas yang dinakhodai oleh Hamidah Ar-rasyid ini juga ternyata berinisiatif untuk mengadakan diklat pelatihan teknis penulisan, etika dan kode etik jurnalistik bagi para relawannya.

Acara ini dilakukan di sekretariat KOSA, Rumah Perlindungan Komunitas Sahabat Anak Tasikmalaya di Kp Nanjungsari, Rajapolah, Jumat 25/11. Pemberi materinya tidak lain adalah Mugiyono, Kepala Biro Depok di Kupas Merdeka, yang menyajikan materi di hadapan puluhan relawan KOSA.

“Saya dan juga para relawan berharap dengan kegiatan ini kita semua bisa memahami kode etik dan karakteristik jurnalis yang sesungguhnya. Mengingat image di masyarakat wartawan yang ada saat ini hanya bisa mengorek kesalahan tanpa memberikan solusi dari problem yang ada. Saya yakin media Kupas Merdeka bukan seperti media yang lain,” ucap Hamidah pada sambutannya.

Suasana peserta cukup antusias saat materi dibawakan, dan tanya jawab pun banyak dilontarkan oleh peserta pelatihan.

“Profesi wartawan atau jurnalis bukan hanya sosial kontrol namun bisa juga sebagai membela saat warga buta akan hukum hingga adanya pembodohan hukum yang dilakukan oleh para pemangku kebijakan. Dan wartawan pun profesi yang tidak boleh berhenti untuk belajar berbagai disiplin ilmu,” tegas Hamdan, salah satu peserta diklat, menyimpulkan inti dari pelatihan pada hari itu. (Gie)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*