Donald Trump Menangi Pilpres AS

Calon Presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump (dok. Reuters)
Calon Presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump (dok. Reuters)

(KM) – Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, telah mengantongi jumlah suara yang cukup untuk memenangi pemilihan presiden AS, mengalahkan saingannya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.

Sejak awal penghitungan suara, bos properti itu memimpin perolehan suara di depan Hillary Clinton, hingga akhirnya ia mengantongi suara electoral votes dari negara bagian Michigan dan Wisconsin, meraih total 276 suara, melampaui 270 suara yang dibutuhkan untuk memenangkan pilpres negara adidaya itu. Sementara itu, Hillary Clinton tertinggal cukup jauh, dengan 218 suara electoral votes, per pukul 15.00 WIB hari ini.

Hingga berita ini diturunkan, Hillary Clinton masih enggan untuk menerima hasil tersebut dan menghimbau kepada para pendukungnya untuk menunggu hingga usai proses penghitungan suara.

Advertisement

Kemenangan Donald Trump mengagetkan banyak pihak, khususnya dengan intens nya pemberitaan negatif terhadap miliarder properti itu, dari dugaan skandal serta pengemplangan pajak, sehingga sebelum pemilihan, mayoritas memperkirakan bahwa istri mantan presiden Bill Clinton akan memenangi pilpres AS.

Namun, capres Demokrat itu juga tidak tanpa skandal, dengan bocoran percakapan e-mailnya yang disebar oleh situs Wikileaks mengungkap sejumlah informasi yang menyudutkan mantan Menlu AS itu, termasuk pengungkapan bahwa dirinya mengetahui bahwa pemerintah Arab Saudi dan Qatar mendanai kelompok-kelompok teroris seperti ISIS sejak dirinya masih menjabat menteri, sedangkan ia sendiri menyetujui penjualan persenjataan bernilai puluhan miliar dolar AS kepada Arab Saudi kala ia menjabat sebagai Menlu.(HJA)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*