Berantas Pungli, Polres Bogor Segera Terapkan E-Tilang

Polres Bogor terapkan sistem e-Tilang untuk berantas pungli di jajarannya (ilustrasi)
Polres Bogor terapkan sistem e-Tilang untuk berantas pungli di jajarannya (ilustrasi)

BOGOR (KM) – Untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait pemberantasan pungutan liar (pungli),  kini Polres Bogor siap melaksanakan program elektronik tilang, atau e-tilang yang diterbitkan Korlantas Polri.

“E-tilang rencananya akan diluncurkan November  ini dengan harapan dapat menghilangkan praktek suap yang dilakukan oleh pelanggar lalu lintas terhadap oknum petugas,” jelas Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Silfia Sukma Rosa kepada kupasmerdeka.com, Jumat (04/11/2016).

Kata dia, praktek pungli biasanya terjadi karena adanya kesempatan yang dimanfaatkan pelanggar dan oknum petugas, karena banyak pelanggar tidak mau mengikuti proses. Dan bila aplikasi tersebut sudah berjalan, maka pelanggar tidak perlu lagi untuk menitipkan uang sidangnya ke petugas atau mengikuti proses persidangan di pengadilan.

“Tapi, cukup dengan membayar denda tilang kepada Bank yang ditunjuk,” tegasnya.

Lanjut dia, pelanggar akan dimintai nomor telepon maupun email sehingga akan mendapatkan informasi terkait besaran denda serta tata cara pembayarannya dan juga akan diberikan nomor tilang sekaligus nomor rekening virtual untuk pembayaran denda tilang melalui SMS maupun email.

“Pastinya jika pelanggar tersebut sudah melakukan pembayaran, maka dokumen yang disita oleh petugas bisa langsung diambil, namun, akan lebih mudah bila pelanggar memiliki aplikasi m-banking. Jadi saat ditilang, pelanggar bisa langsung mengakses aplikasi tersebut kemudian membayarnya. Maka, dokumen yang disita bisa langsung diambil dari petugas, tanpa perlu menunggu waktu sidang,” paparnya.

Menurut info, aplikasi e-tilang ini akan diberlakukan di 16 Polda dan 64 Polres seluruh Indonesia yang diharapkan dapat menghilangkan pungutan liar dalam rangka program Reformasi Polri pada bidang penegakan hukum untuk pelanggaran lalu lintas. (Dedi).

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*