Wakil KSAD Tutup Kejuaraan Tembak Piala KSAD 2016

Danrem Kopasus Brigjen Matsuni (tengah, bertopi loreng) meraih juara umum pada kejuaraan lomba tembak Piala KSAD 2016 (dok. KM)
Danrem Kopasus Brigjen Matsuni (tengah, bertopi loreng) meraih juara umum pada kejuaraan lomba tembak Piala KSAD 2016 (dok. KM)

DEPOK (KM) – Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Letnan Jenderal TNI M Erwin Syafitri secara resmi menutup kejuaraan lomba tembak Piala KSAD Tahun 2016 di Lapangan tembak Divisi I Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat, Senin (17/10).

Adapun tema yang diusung pada lomba tembak tahun ini adalah “Melalui Lomba Tembak Piala KSAD TA 2016 Kita Wujudkan Prajurit TNI AD yang Jago Tembak dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok”.

Menurut Letjen Erwin, tema tersebut sesuai dengan salah satu poin yang sering disampaikan KSAD kepada prajurit dalam setiap kunjungannya di satuan-satuan jajaran Angkatan Darat yaitu, “Prajurit harus disiplin, jago perang, jago tembak, jago beladiri, dan memiliki fisik yang prima”.

Adapun tujuan lomba menembak yang dilaksanakan setiap tahun ini yaitu sebagai wahana untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan pembinaan petembak yang dilaksanakan oleh Kotama-kotama jajaran TNI AD dan juga untuk kaderisasi petembak berbakat dalam menghadapi berbagai lomba tembak di masa yangakan datang.

Dalam lomba tembak piala Kasad ini ada empat materi lomba yang dipertandingkan, yaitu materi tembak senapan, tembak pistol,  tembak senapan otomatis dan karaben, dimana kejuaraan tersebut diikuti oleh 16 satuan tingkat Kotama yaitu Divisi 1 Kostrad, Divisi 2 Kostrad, Kopassus, Kodam I/BB, Kodam II/SRW, KodamIII/SLW, Kodam IV/DIP, Kodam V/BRW  Kodam VI/MLW , Kodam VII/WRB, Kodam IX/UDY, Kodam XII/TP, Kodam XVI/PTM, Kodam XVII/CEN, Kodam IM, dan Kodam Jaya. Peserta lomba dari seluruh Kotama berjumlah 368 orang dengan rincian 80 orang peserta di kelas pistol eksekutif, 80 orang senapan, 96 orang pistol putra, 48 orang tembak pistol karaben, dan 64 orang peserta di kelas tembak senapan otomatis.

Pada penutupan, Letjen Erwin membacakan amanat dari KSAD Jenderal Mulyono. Berikut ini teks amanat KSAD yang tersebut yang diterima oleh tim KM:

“Yang saya hormati Pangkosrad TNI, dan komandan kodiklat angkatan darat dan dirjenand, komandam pangkotama yang saya banggakan.

Berkat limpahan rahmat tuhan yang maha esa kita telah berhasil mensukseskan perlombaan kejuaran tembak piala kasad TNI, setelah memalui proses penilaian yang jujur terbuka dan obyektif, kita telah memperoleh hasil yang memberikan gambaran bakat individu maupun tingkat keberhasilan menembak di satuan masing-masing, berkenaan hal tersebut dikesempatan yang berbahagia ini, selaku kepala staf angkatan darat dan pribadi saya mengucapkan selamat kepada prajurit dan team yang berhasil keluar sebagai pemenang dalam perlombaan tembak piala kasad tahun 2016, dengan harapan semoga prestasi terbaik yang dicapai dapat dipelihara dan ditingkatkan lagi,
Kepada prajurit dan team yang belum berhasil dalam lomba kali ini, saya harapkan dapat nenyadari “prestasi tertinggi” tidaklah dapat dicapai secara instan tetapi melalui latihan keras terarah dan terukur, dengan perencanaan yang matang dan cermat untuk itu jadikanlah pengalaman lomba kali ini sebagai cambuk guna mencapai prestasi setinggi-tingginya di masa yang akan datang, kemampuan dan kemahiran menembak kebanggaan prajurit sejati, karena tidak semua prajurit dikaruniai bakat yang sama untuk menjadi petembak yang ulung. Sebagai tanggung jawab moral untuk mempertahankan prestasi dan tradisi tingkat nasional maupun internasional yang dimiliki TNI angkatan darat kita perlu kaderisasi atlit petembak terus-menerus dan berkesinambungan.

Berkenaan dengan telah berakhirnya lomba tembak Piala Kasad Tahun anggaran 2016 saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada komandan kodiklat TNI angkatan darat dan pusenkap TNI angkatan darat segera adakan konsolidasi dan evaluasi, semoga pengalaman dan keberhasian dalam penyelangaraan lamba ini dapat dijadikan pedoman bagi upaya peningkatan perlombaan sejenis dimasa-masa yang akan datang.

Akhirnya saya mengucapkan selamat kembali kekesatuan sampaikan salam hormat saya pada keluarga dan segenap prajurit yang ada ditempat tugas kalian masing-masing, selamat berjumpa kembali pada lomba tembak yang akan datang, semoga tuhan yang maha esa menyertai langkah kita dalam pengabdian pada TNI angkatan darat dan akhirnya saya mengucapkan selamat kembali kekesatuan sampaikan salam hormat saya pada keluarga dan segenap prajurit yang ada ditempat tugas kalian masing-masing, selamat berjumpa kembali pada lomba tembak yang akan datang, semoga tuhan yang maha esa menyertai langkah kita dalam pengabdian pada TNI angkatan darat dan negara kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama ini.”

(ruli)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*