SMPN 16 Depok Siapkan Calon Pemimpin Lewat LDK

Pembukaan LDK di SMPN 16 Tapos, Depok (dok. Mugi/KM)
Pembukaan LDK di SMPN 16 Tapos, Depok (dok. Mugi/KM)

DEPOK (KM) – SMP Negeri 16 Tapos Depok mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi para siswa-siswinya Jumat-Sabtu 30/9-1/10. Kegiatan ini dibuka oleh kepala sekolah Iyang Bachtiar tepat pukul 17:00 WIB dalam upacara pembukaan.

Dalam kata sambutannya, Iyang mengungkapkan apresiasinya pada siswa dan siswi yang antusias mengikuti kegiatan tersebut. Ia juga memaparkan sebagian dari tujuan mengadakan latihan itu. “LDK di sekolah ini merupakan tahap awal kalian untuk mengenal berorganisasi dan berdemokrasi yang sehat. Banyak pemimpin bangsa di negara ini berawal dari aktifnya ia dengan wadah organisasi. Dengan LDK ini saya berharap di SMP ini akan lahir pemimpin yang bisa menghargai demokrasi dan loyal pada masyarakat yang ia pimpinnya,” lanjutnya.

Menerut informasi dari Wakil kepsek bidang kesiswaan, Purwo Atmadi, acara tersebut diikuti oleh sebanyak 77 siswa-siswi kelas VII-VIII dan 25 instruktur. “Tindak lanjut LDK ini untuk melihat bibit-bibit leadership dari siswa SMP 16 ini. Sekaligus untuk mengisi Struktur OSIS yang baru di tahun ini,” tegasnya.

Advertisement

Ia juga menjelaskan bahwa salah satu tolok ukur kedisiplinan dapat terlihat dari partisipasi para siswa dalam melaksanakan shalat berjamaah, bagi yang beragama Islam. “Dari jadwal yang ada dalam kegiatan ini, siswa yang Muslim diwajibkan untuk laksanakan sholat secara berjamaah. Dengan barometer itulah kita bisa liat mana yang akan terbentuk sifat disiplinnya bisa diliat dari sholat berjamaah,” tambah Purwo.

Dalam kegiatan LDK ini ada sesuatu yang berbeda. Pasca LDK, para peserta mengadakan Rapat Koordinasi Program Kerja (rakorja), dimana mereka dipandu cara penyusunan program kerja OSIS agar terarah dan dilaksanakan dengan baik. (Gie)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*