Polda Metro Jaya Tangkap 3 Polisi Pelaku Pungli Pengurusan SIM

Kabid Humas polda Metro Jaya Awi Setiono (kanan)
Kabid Humas polda Metro Jaya Awi Setiono (kanan)

JAKARTA (KM) – Polda Metro Jaya menggelar operasi tangkap tangan (OTT) terhadap 3 Bintara Polri yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) pada masyarakat umum. Tiga oknum Polri itu merupakan petugas pelaksana di mobil unit pelayanan SIM keliling.

Saat dikonfirmasi wartawan KM, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan, ketiganya berpangkat Bintara Polri. Ketiga oknum polisi yang telah ditangkap Propam Polri adalah Aiptu Y, Brigadir TM dan Bripda RS.

Masih menurut Awi, ketiganya ditangkap di tiga lokasi terpisah, “Brigadir TM kami tangkap di SIM keliling LTC Glodok Jakarta Barat, lalu Aiptu Y di SIM keliling di Show Room Honda Jalan Dewi Sartika Jakarta Timur, sedangkan Bripda RS di Gerai SIM Mall Taman Palem Jakarta Barat,” terang Awi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Kamis (13/10/16).

Advertisement

Ketiganya ditangkap serentak saat tim Polisi melakukan Operasi Pemberantasan Pungli yang digelar oleh Bidang Propam Polda Metro Jaya, Rabu (12/10/16) kemarin. “Dari tangan ketiga Bintara Polri itu, Propam Polisi mengamankan uang senilai Rp. 12 juta yang diduga hasil dari pungli,” tukas Kombes Awi.

Selanjutnya Kombes Awi menjelaskan pada awak media KM, para Bintara Polri itu memungut uang dari pemohon SIM (masyarakat awam) yang tak mau melalui pemeriksaan-pemeriksaan. Oknum tersebut meminta kepada masyarakat pemohon SIM untuk menyerahkan sejumlah uang agar tidak melewati tes-tes kesehatan. “Diduga petugas memungut pungli dengan sejumlah uang, supaya warga masyarakat [tidak dipersulit], dan tidak melewati uji-uji kesehatan,” tegas Kombes Pol Awi Setiyono. (Rully)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*