Pemdes Kiarasari Tingkatkan Akses Air Bersih di Wilayahnya

Penjajakan kebutuhan masyarakat desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Bogor (dok. KM)
Penjajakan kebutuhan masyarakat desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Untuk meningkatkan akses layanan dasar di bidang kesehatan, khususnya penyediaan air minum dan sanitasi lingkungan, pemerintah Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor terus membuat terobosan.

“Pemerintah Desa Kiarasari terus berupaya mencari terobosan agar program pembangunan dapat berjalan demikian juga dalam hal kesehatan. Program di bidang kesehatan, terutama akses terhadap penyediaan air bersih dialokasikan [dari] berbagai sumber seperti APBDes, APBD bahkan mencari terobosan ke APBN. Tahun sebelumnya, penyediaan air bersih telah dilakukan di Kampung Pasirbendera, Pojokbolang dan Gunungleutik,” tutur Nurodin, Kades Kiarasari.

Herman selaku ketua pelaksana pembangunan pun menuturkan, “Tahun 2017 yang akan datang, program serupa akan dilaksanakan ke Kampung Cibuluh dan Pasir Ipis, pilihan kedua kampung ini didasarkan atas hasil urun rembuk dengan masyarakat dan penjajakan kebutuhan. Program ini hanya akan berjalan jika masing-masing pihak dapat bekerja sama, anggaran yang terbatas maka masyarakat disayaratkan untuk menyiapkan iuran berupa uang cash  dan sumbangan tenaga. Jumlah penerima manfaat dari program ini sebanyak 246 kepala keluarga atau 1.120 jiwa.  Adapun anggaran pembangunan bersumber dari iuran warga 4% dari anggaran atau 14 juta rupiah, sumbangan masyarakat dalam bentuk material lokal dan tenaga kerja 16% atau setara dengan 56 juta, bantuan APBDes sebesar 10 % atau 35 Juta dan APBN serta APBD sebesar 70 % atau 245 juta rupiah.’’

Advertisement

‘’Sumber mata air yang akan digunakan yaitu dari Cikondang. Saluran air bersih ini sepanjang 1.400 meter. Pelaksana kegiatan ini terdiri dari 11 orang yaitu KKM [Kelompok Keswadayaan Masyarakat] 5 orang dan Satuan Pelaksana [SATLAK] sebanyak 6 orang. Proses pembentukan kelembagaan dilakukan melalui musyawarah yang dihadiri oleh semua elemen masyarakat,” tambah Herman.(Tri)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*