Komisi 8 DPR RI Setujui Anggaran Rp. 11M untuk Asrama Haji Sumbar

Dirjen Kemenag dalam RDP bersama Komisi 8 DPR-RI, Rabu 5/10 (dok. Indra/KM)
Dirjen Kemenag dalam RDP bersama Komisi 8 DPR-RI, Rabu 5/10 (dok. Indra/KM)

JAKARTA (KM) – Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPR-RI dengan Dirjen Kemenag membahas tentang penambahan anggaran di setiap asrama haji yang ada di daerah-daerah, mengingat pentingnya layanan fisik dan non fisik. RDP tersebut dipimpin oleh wakil ketua Komisi 8, Abdul Malik Haramain, Rabu 5/10 di Gedung DPR RI, Jakarta.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Dirjen Kemenag Abdul Jamil, dirinya menerangkan pentingnya penambahan anggaran sebanyak Rp. 11 Miliar untuk lanjutan pembangunan asrama haji yang terbengkalaiĀ  di Sumatra Barat dan Pariaman, mengingat mangkraknya pembangunan pada tahun lalu. “Jadi ini lanjutan,” katanya.

“Untuk Padang Pariaman kami tidak usulkan, tapi [akan] dilanjutkan dan kami tidak usulkan tahun ini, akan kami usulkan tahun 2017. Jadi intinya kami akan menolong untuk daerah Tabing Padang, melanjutkan pembangunannya yang terbengkalai, jadi kami akan usulkan untuk tahun 2018. Jadi untuk setiap daerah yang membutuhkan semua akan mendapatkan di tahun 2018, kira-kira seperti itu,” singkat Dirjen.

Advertisement

Sementara anggota Komisi 8 Mohd. Iqbal Ramzi menegaskan perlunya kehati-hatian dalam menyusun priotirtas pembangunan asrama haji. “Penambahan anggaran pembangunan asrama haji ini, jangan hanya di daerah-daerah tertentu saja, akan tetapi semua harus mendapatkan, sehingga tercipta keadilan,” singkatnya.

Ketika ditanya soal pembangunan asrama haji di daerah lainnya, Abdul Jamil mengatakan bahwa daerah-daerah lain tidak luput dari perhatian pihak Kemenag. “Terkait juga persoalan asrama haji yang ada di Maluku Utara dan di Jawa Barat, itu tidak luput dari perhatian kami, khususnya tentang optimalisasi gedung dan layanan lain, tentunya ini sangat penting bagi jamaah haji kita yang ada di sana, terutama masyarakat yang ada di sana juga,” tambahnya. (Indra Falmigo)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*