Kampung Budaya Sindangbarang Adakan Seren Taun 2016

Kepala Desa Pasir Eurih, Adang (dok. KM)
Kepala Desa Pasir Eurih, Adang (dok. KM)

BOGOR (KM) – Kampung Budaya Sunda Sindangbarang, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar festival budaya Seren Taun 2016, Minggu 23/10 kemarin.

“Kegiatan ini digelar setiap tahunnya. Ini merupakan yang ke sebelas kalinya digelar sejak tahun 2006 lalu,” kata Adang, kepala desa Pasir Eurih. Menurut Adang, kegiatan Seren Taun digelar dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam 1438 Hijriah.

“Festival ini sebagai bentuk syukur masyarakat dengan datangnya Tahun Baru Islam, merayakan dengan berbagai kegiatan budaya,” katanya saat ditemui di rumahnya.

Ia mengatakan, berbagai pagelaran seni dan budaya ditampilkan dalam Festival Seren Taun di Kampung Budaya Sunda Sindangbarang, diantaranya arak dongdang, tari-tarian, silat dan mengarak aneka hasil panen seperti gabah, sayur-sayuran dan hasil kerajinan sandal dan malam puncak dihadirkan wayang golek.

“Seren Taun ini adalah upacara adat masyarakat Sunda kepada para raja-raja. Seren Taun ini mengajarkan gotong-royong masyarakat dan solidaritas antar warga,” ungkapnya.

Adang menambahkan, Seren Taun merupakan salah satu potensi budaya Kabupaten Bogor yang dapat menghadirkan wisatawan baik nasional maupun mancanegara.

“Sementara itu, ratusan masyarakat dari sejumlah warga di kecamatan Tamansari mendatangi lokasi Kampung Budaya Sunda Sindangbarang untuk menyaksikan pegelaran budaya yang di gelar,” pungkasnya. (budi/jamil)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*