IPAL Komunal Desa Kalong 2 Jawara Tingkat Kabupaten Bogor

Sketsa sistem pengolahan limbah rumah tangga yang diterapkan di desa Kalong 2, Leuwisadeng, Kab. Bogor (dok. KM)
Sketsa sistem pengolahan limbah rumah tangga yang diterapkan di desa Kalong 2, Leuwisadeng, Kab. Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Sanitasi masyarakat (Sanimas) dalam bentuk instalasi pengolahan air limbah (IPAL) Komunal di Desa Kalong 2 Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor, meraih juara tingkat Kabupaten Bogor setelah menyisihkan ratusan desa yang ada di wilayah ini.

“Alhamdulillah desa kami terpilih menjadi juara dan dijadikan percontohan bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Bogor,” ungkap Kepala Desa Kalong 2, Suhanda kepada Kupas Merdeka di kediamannya, Kamis (13/10/2016).

Menurut  dia, IPAL Komunal merupakan tempat untuk menampung dan mengolah air limbah yang berasal dari rumah tangga berupa limbah dapur dan MCK. Dengan masuknya limbah rumah tangga ke IPAL maka limbah rumah tangga yang masuk ke selokan–selokan akan berkurang.

“Sebelum ada IPAL di Kampung Kalong Tonggoh dan Ciranca, lingkungannya kurang sehat karena seluruh limbah rumah tangga baik limbah dapur dan MCK masuk ke selokan sehingga menimbulkan bau tidak sedap, dan juga dapat menimbulkan sumber penyakit karena banyak lalat berkeliaran. Setelah ada IPAL semua air limbah diproses oleh IPAL dan keluar dari IPAL sudah tidak kotor lagi,” terangnya.

Kata Suhanda, lokasi IPAL Komunal di desanya berada di dua titik yakni di Kampung Kalong Tonggoh dan Kampung Ciranca, yang masing-masing luasnya 2 meter persegi.

“Dan dipergunakan oleh warga pengguna manfaat sebanyak 200 kepala keluarga,” pungkasnya.

(Dedi/Pendi)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*