Akhirnya, Penggunaan TPST Galuga Diperpanjang

Gunungan sampah di TPA Galuga (stock)
Gunungan sampah di TPA Galuga (stock)

BOGOR (KM) – Akhirnya kemelut tentang penanganan pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Galuga Kabupaten Bogor rupanya bakal tembus babak akhir karena kedua pemda sepakat memperpanjang penggunaan TPST Galuga untuk 3 tahun kedepan.

“Pemerintah Kota [Pemkot] Bogor dan Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Bogor segera akan melakukan Perjanjian Kerja Sama perpanjangan penggunaan TPST Galuga selama 3 tahun kedepan. Ya sesuai dengan rapat paripurna, kita akan tindaklanjuti kerja sama penggunaan TPST Galuga antara kota dan Kabupaten Bogor,” kata Kepala UPTD Sampah pada DKP Kota Bogor, Iwan Permana, Kamis (20/10/2016).

Lanjut Iwan, ada beberapa item yang harus diperhatikan dalam hal ini yakni, perjanjian perpanjangan selama 3 tahun, kompensasi 100 persen untuk kepentingan masyarakat, pembuangan dan pengolahan yang melibatkan warga sekitar dan telah dirancang sesuai SOP dalam mekanisme pembuangan sampah.

Kata dia, perpanjangan TPST Galuga  bukan hanya permasalahan Pemkot Bogor saja, tapi menjadi permasalahan Pemkab Bogor juga. Oleh karena itu, perjanjian ini nantinya akan membuat kedua wilayah tersebut dapat bertanggung jawab bersama.

“Misalnya dampak negatif, seperi tanah longsor, pencemaran air. Itu kalau terjadi lagi nantinya Pemkot Bogor dan Pemkab Bogor harus sama-sama bertanggung jawab,” jelasnya.

Iwan mengatakan, untuk dana kompensasi nanti akan langsung disalurkan kepada tiga desa. diantaranya, Desa Cijujung, Desa Galuga dan Desa Dukuh dengan total kompensasi sebesar Rp 60 juta per bulan.

“Jadi kalau saya inginnya setiap desa mendapatkan dana kompensasi Rp 20 juta perbulan, jadi semuanya rata,” kata dia. (Ded/Pend)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*