Presiden Lantik Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

Budi Gunawan memberi keterangan kepada pers usai dilantik jadi Kepala BIN (dok. Kompas.com)
Budi Gunawan memberi keterangan kepada pers usai dilantik jadi Kepala BIN (dok. Kompas.com)

JAKARTA (KM) – Jend. Pol. Budi Gunawan, Jumat sore ini 9/9 telah resmi menjabat Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) setelah dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo, menggantikan Sutiyoso, di Istana Negara.

Ketika ditemui awak KM setelah pelantikan, Budi yang selalu berusaha menjaga penampilannya tengah sibuk menerima ucapan selamat dari keluarga besar kepolisian dan sejumlah pejabat tinggi negara serta petinggi TNI serta sanak saudaranya.

Saat pelantikan, Presiden memandu Budi Gunawan mengucapkan sumpah jabatan sebagai kepala BIN yang baru.

“Demi Allah SWT saya bersumpah, bahwa saya akan selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945,” tegas Budi dalam sumpah Jabatannya, menirukan¬† kata-kata Presiden Joko Widodo. Setelah pembacaan sumpah jabatan, Budi Gunawan menandatangani SK dan Berita Acara pelantikan bersama Presiden.

Advertisement

Setelah ditutup dengan lagu kebangsaan, Presiden Joko Widodo memberi selamat kepada Budi Gunawan, diikuti oleh tamu undangan, para Duta Besar negara sahabat, pejabat instansi dan BUMN, lalu disusul oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, wakil Ketua DPR Fadli Zon, mantan kepala BIN Sutiyoso, serta semua menteri kabinet kerja dan pimpinan lembaga tinggi negara.

Dalam jumpa persnya, Budi Gunawan menyatakan dirinya berjanji akan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, Demokrasi, Supremasi Hukum, serta bekerja secara “obyektif dan profesional.” (Rully)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: