Masjid Istiqlal Gelar Seminar “Pemberdayaan Ekonomi Umat Berbasis Masjid”

Peserta Seminar antusias mendengarkan paparan narasumber (dok. KM)
Peserta Seminar antusias mendengarkan paparan narasumber (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Masjid merupakan sebuah bangunan yang menjadi pusat kegiatan umat, dari masjid lah awal pergerakan Islam dimulai, maka sepatutnyalah umat Islam saat ini harus diingatkan kembali akan fungsi masjid yang sesungguhnya. Itulah kata-kata yang dilontarkan Ustadz Valentino di sela-sela acara seminar bertajuk “Pemberdayaan Ekonomi Umat Berbasis Masjid” di Masjid Istiqlal kemarin 24/9.

Acara seminar ini dihadiri kurang lebih sekitar 2 ribu orang yang terdiri dari jamaah masjid, DKM, BKMT, HIPMI, ormas-ormas islam, LSM dan lain sebagainya. Acara tersebut terbagi dua sesi. Sesi pertama dari jam 8 pagi hingga jam 11.30 yang membahas sejarah masjid serta perkembangannya. Sesi kedua dimulai dari jam 1 siang hingga menjelang Ashar dan membahas ekonomi syariah yang berkesinambungan “untuk mengangkat harkat dan derajat umat.”

Advertisement

Salah satu narasumber acara seminar ini, DR. Akbar Zainudin memaparkan perspektifnya tentang menjalankan usaha. “Usaha harus direncanakan, agar kita tahu kemana kita melangkah, menganalisis peluang usaha memahami prospek yang ada,” tegas penulis buku “Man Jadda Wajada” ini.

Salah seorang peserta yang bernama Heru dari Pamekasan, Madura mengatakan, “Acara seperti ini seharusnya sering diadakan. Selain menjalin silaturahmi yang menguatkan ukhuwah. Saya rasa juga dapat saling berbagi informasi dalam mengembangkan dinamika usaha saat ini.”

Menurut panitia, acara ini menargetkan untuk menghimpun umat Islam untuk berusaha semaksimal mungkin, mengambil peluang yang ada diantaranya dengan berlakunya Tax Amnesty yang bertujuan agar bangsa dan negara ini mandiri di segala bidang, terutama bidang ekonomi kerakyatan. (jack)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*