E-Budgeting Versi Baru Siap Meluncur

Menkominfo Rudiantara (istimewa)
Menkominfo Rudiantara (istimewa)

JAKARTA (KM) – Pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika akan segera meluncurkan sistem e-budgeting terpadu yang rencananya akan diterapkan di seluruh Indonesia, menggantikan sistem e-budgeting yang sebelumnya dipakai oleh kementerian dan pemerintah daerah.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan sistem e-budgeting versi lama hingga saat ini masih berjalan, baik di kementerian dan daerah hingga menunggu e-budgeting versi baru disempurnakan.

Menurutnya, sejauh ini, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) paling cocok untuk menjalankan sistem itu. Sebab, Presiden Jokowi yang meminta Kemenkeu menjalankan dan menyempurnakan sistem e-budgeting.

“Kalau itu dinilai bagus, maka minta maaf secara terhormat aplikasi e-budgeting di kementerian dan di daerah di-drop saja. Nanti dengan BPKP, dengan BPK, ada masalah lagi,” ujar Rudi di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (6/9/2016).

Advertisement

Ia meminta agar kementerian dan lembaga lebih memprioritaskan yang lebih utama dan yang tidak prioritas sebaiknya ditunda terlebih dahulu.

“Jadi bagi saya e-goverment itu bukan teknologi, tetapi e-goverment itu bisnis perbaikan dari bisnis proses. The owner is pemerintah. Meningkatkan itu dengan memanfaatkan teknologi, bagaimana system security, bagaimana cari aplikasi yang mendekati kebutuhan kita semua dari kementerian,” pungkas Rudi. (Irfan Damar Sinaga)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*