Disdik Kabupaten Bogor Kebut 3 Program Utama Untuk Tingkatkan Kualitas SDM

Kasubag program di Dinas Pendidikan, Aris NJ, saat diwawancarai KM (dok. Irfan/KM)
Kasubag program di Dinas Pendidikan, Aris NJ, saat diwawancarai KM (dok. Irfan/KM)

BOGOR (KM) – Menurut definisinya, “pendidikan” merupakan suatu tindakan atau proses membuat jadi tahu atau memperoleh pengetahuan umum dan pengembangan kekuatan nalar. Mengacu pada pengertian tersebut maka dapat dipahami bahwa semakin baik pendidikan seseorang maka pengetahuan dan pengembangan kualitas SDM juga berpotensi lebih baik.

Untuk tujuan tersebut, pemerintah kabupaten Bogor, melalui Dinas Pendidikan, berusaha meningkatkan angka melek huruf, rata-rata lama sekolah dan akses peningkatan sarana dan prasarana sekolah.

Menurut Kasubag Program di Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Aris NJ, pencapaian angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah sudah menuju ke arah yang lebih baik dari waktu ke waktu. “Saat ini sudah mendekatiĀ  sempurna, artinya mencapai sekitar 96,98% angka melek huruf, kalau rata-rata lama sekolahnya baru 8,4 tahun,” ucapnya kepada Kupas Merdeka saat di temui di ruang kerjanya, Rabu 21/9.

Advertisement

Selain itu, kata Aris, dasar dari perhitungan yang dihasilkan memakai rumusan usia 16 tahun ke atas, sehingga dapat menghasikan data yang cukup akurat.

“Karena kriteria nya memakai rumus usia 16 tahun ke atas yang menjalani pendidikan formal entah itu sampai kelas 2 SMP atau kelas 6 SD, usia 16 tahun ke atas di bagi dengan jumlah penduduk yang usia 16 tahun ke atas,” jelasnya.

Tak hanya itu, Aris juga mengungkapkan capaian peningkatan mutu pendidikan saat ini dilakukan dengan penambahan ruang kelas baru, sehingga KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dapat berjalan efektif.

“Untuk penambahan ruang kelas baru di kabupaten Bogor saat ini sekitar 300 ruang kelas,” ungkapnya.

“Artinya jumlah penambahan ruang kelas, tapi itu bukan tataran menambah daya tampung tapi mengatasi kekurangan kelas yang sudah duduk, artinya ada dua shif,” tutupnya. (Irfan Damar Sinaga)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*