Audiensi PWRI ke 2 Dinas Kabupaten Bogor: Diskominfo Terkesan Menutup-nutupi, Disbudpar Siap untuk Sinergi

Logo PWRI (stock)
Logo PWRI (stock)

BOGOR (KM) – Kunjungan kehormatan atau dengan kata lain audiensi, yang dilakukan kepada dua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di kabupaten Bogor, oleh bentukan tim Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI), berbeda kesiapan dan persiapan dalam memberikan pemaparan penjelasan program kerja.

Pada audiensi pertama di Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO), Dinas tersebut hanya diwakilkan oleh dua orang, yakni salah satu Kepala Bidang dan kepala seksinya.

Kepala bidang komukasi dan informasi publik (KIP), Moh. Dadang Iwa S. mengatakan, “dari audiensi ini, mungkin ada masukan-masukan, untuk bisa mensinergikan antara pemerintah dengan PWRI, sehingga akan mencapai suatu tujuan yang sama,” terangnya, kepada tim PWRI, Selasa 6 September 2016.

Namun sangat disayangkan penjelasan yang diberikan oleh kepala bidang KIP terkesan bertele-tele dan selalu mengalihkan pembicaraan dan menjelaskan yang bukan tugas pokok dan fungsi DISKOMINFO, serta hanya memberi keterangan judul-judul yang bukan isi dari pertanyaan.

Misalnya, ketika ditanya soal permasalahan pengendalian dan pertumbuhan menara BTS, serta  masalah di masyarakat dalam lingkungan sekitar menara dalam perizinan, Dadang mengatakan pihaknya “hanya mengumpulkan data.”

Lalu permintaan tim PWRI untuk informasi jadwal kegiatan Bupati, dirinya juga memberikan jawaban yang tidak jelas. “Untuk jadwal kegiatan [Bupati] sebetulnya sudah di upload di web ya, ada jadwal di teman [tv/radio], tantangan [untuk wartawan] gitu ya, bagaimana berupaya bisa eksis, jadi tidak semua point itu tersedia di depan,” tukas Dadang.

Advertisement

Singkat jawaban, Kepala seksi hubungan kelembagaan Mimin Sumirat juga mengatakan. “takut salah jawab, Karena beda bidang,” ujarnya.

Kontras, di hari yang sama, pada audiensi kedua tim PWRI ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) kabupaten Bogor, dinas tersebut tampak sangat siap dengan kedatangan kunjungan kehormatan tim PWRI. Kesiapan kepala dinas menghadirkan seluruh kepala bidang dan kepala seksi untuk memberikan keterangan dalam kunjungan kehormatan tim PWRI, serta pemaparan teknis perencanaan yang sudah diimplementasikan dan program yang akan datang.

Kepala Disbudpar, Rahmat Surjana, memaparkan kegiatan rencana akan datang dalam memberdayakan, memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata, serta suksesnya program yang perlu diawasi dalam bersinergi dengan media massa. Salah satu kegiatan yakni Farm Trip Untuk Jurnalis, sukses direalisasikan dengan membawa para wartawan mengunjungi cagar kebudayaan, menghasilkan karya tulis yang layak dikonsumsi masyarakat.

Sinergitas program Disbudpar akan berlanjut dengan tim PWRI, yang akan mengawal melalui kontrol sosial dan mempublikasikan kegiatan. (Tengku YusRizal)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*