Blanko E-KTP Tidak Tersedia, Masyarakat Diminta Bersabar

Warga sedang melakukan perekaman data untuk pembuatan E-KTP (dok. KM)
Warga sedang melakukan perekaman data untuk pembuatan E-KTP (dok. KM)

CIBINONG, BOGOR (KM) – Masyarakat kabupaten Bogor yang hendak memiliki E-KTP harus rela bersabar, pasalnya blanko sebagai bahan utama pembuatan E-KTP saat ini sedang tidak tersedia.

Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Bogor saat ini hanya dapat melakukan perekaman menunggu datangnya kiriman blanko dari Kementrian Dalam Negeri sehingga antrian masyarakat cukup membludak.

Selain itu, minimnya petugas yang melakukan perekaman serta alat yang tersedia di kantor Disdukcapil hanya 1 buah.

Kepala Bidang Kependudukan menjelaskan, Jumat siang 26/8, bahwa kekosongan bahan utama pembuatan E-KTP bukanlah tanpa sebab, melainkan karena kuota yang diterima pihaknya tidak sesuai dengan jumlah permintaan penduduk kabupaten Bogor.

“Sudah beberapa pekan ini masyarakat harus rela bersabar karena stok blanko sudah tidak tersedia,” ucap Dadan Darmatin Dirgantara.

Ketika ditanyakan sejauh mana pengaruh ketiadaan blanko ke masyarakat, pria yang murah senyum ini juga menjelaskan kekosongan blanko tidak membuat pelayanan E-KTP menurun dan malah sebaliknya.

“Petugas perekaman tetap profesional melakukan tugasnya dan hanya terjadi antrian panjang di ruang tunggu,” jelasnya.

Menurut Dadan, kekosongan blanko diketahui tidak hanya terjadi di kabupaten Bogor, tapi juga terjadi di daerah-daerah lain di Indonesia.

“Masyarakat harus bersabar sementara waktu karena  kekosongan blanko tidak akan berlangsung lama dan sudah dilaporkan ke Mendagri,” pungkasnya. (Irfan)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*