RSIA Citra Insani Parung Tolak Peserta BPJS, Dinkes Akui Kecolongan

Suasana pelayanan administrasi di RS Citra Insani, PArung, Kab. Bogor (dok. KM)
Suasana pelayanan administrasi di RS Citra Insani, Parung, Kab. Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Dinas kesehatan Kabupaten Bogor berkilah bahwa tidak ada rumah sakit di kabupaten Bogor yang tidak melayani pasien pemegang BPJS.

Kepala Bidang Promosi dan Sumber Daya Kesehatan mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan pertemuan dengan seluruh rumah sakit se-kabupaten Bogor untuk menyampaikan bahwa setiap rumah sakit wajib melayani peserta BPJS.

“Kami akan berikan sanksi apabila ditemukan rumah sakit yang tak melayani peserta BPJS Kesehatan,” seru Sri Basuki Dwi Lestari di ruang kerjanya kepada KM, Kamis (14/7).

“Instruksi Bupati Bogor, bahwa tidak diperbolehkannya pihak Rumah Sakit untuk menolak pasien BPJS Kesehatan, sekalipun itu Rumah Sakit Swasta” ucapnya.

Sri menambahkan terkait dengan Rumah Sakit Citra Insani Parung yang menolak pasien BPJS, pihaknya berkilah bahwa hal itu di luar pengetahuan dirinya.

“Data yang saya peroleh pihak RSIA Citra Insani baru memperpanjang masa kerja sama dengan BPJS Mei 2016 lalu, dan baru dapat melayani peserta BPJS pada Senin (18/7) mendatang,” lanjutnya.

Advertisement

Menurut Sri, Rumah Sakit yang sedang masa pengurusan kerja sama pelayanan BPJS tidak patut menolak pasien BPJS dan tetap harus melakukan pelayanan secara prima.

“Pasien yang dalam keadaan mendesak dan mendadak, pasien harus ditangani rumah sakit, walaupun belum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang petugas RS Citra Insani, Sinta membenarkan bahwa pihak rumah sakit tidak  menerima pasien BPJS.

“Belum diperpanjang lagi kerja sama BPJS dengan pihak rumah sakit,” paparnya kepada KM kemarin.

Dia mengatakan, terhitung sejak 31 Januari 2015 lalu pasien BPJS dialihkan ke UPTD Puseksmas Parung.

“Jadi kalau ada pasien BPJS dialihkan ke UPTD puskesmas,” tutupnya. (Irfan)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*