Perbaikan Tanggul Saluran Induk Bojonggede Jalan di Tempat

Kali Baru yang baru-baru ini di laksanakan normalisasi (dok. KM)
Kali Baru yang baru-baru ini di laksanakan normalisasi (dok. KM)

BOGOR (KM) – Rehabilitasi jaringan irigasi wilayah sungai Ciliwung-Cisadane di kecamatan Bojonggede, kabupaten Bogor diduga berjalan di tempat. Hal ini di karenakan tidak terlihat adanya aktifitas kegiatan berarti.

Sementara tanggal kegiatan berdasarkan papan proyek yang terpasang adalah tanggal 7 Juni 2016, pekerjaan perbaikan tanggul saluran induk kecamatan Bojonggede, dengan nilai kontrak sebesar Rp. 955.443.000.00 dari sumber dana DAK tahun 2016 seharusnya sudah mulai dilaksanakan pekerjaannya.

Saat wartawan KM mendatangi lokasi pekerjaan untuk melakukan konfirmasi, langsung di temui oleh Pelaksana teknis Deni dari PT Tawarikh yang berdomisili Jln Rokan Raya, kota Depok. “Pelaksanaan perbaikan tanggul saluran induk dimulai dengan membendung tanggul saluran yang mengalami kebocoran agar saat perbaikan saluran tidak mengalami kendala. Untuk alat berat memang belum di datangkan, saya harus menunggu dari PT Tawarikh,” ungkapnya, Sabtu 30/7 kemarin.

Advertisement

Lebih lanjut Deni mengatakan ada kendala dari debit air yang cukup tinggi yang mempengaruhi proses pelaksanaan pekerjaan. “Sepintas memang tidak terlihat adanya aktifitas pekerjaan. Saya harus benar-benar memperhitungkan batas waktu yang telah di tentukan berdasarkan tanggal kegiatan dari nomor 602.1/BPSDA, yaitu selama 150 hari,” katanya.

Salah satu tokoh desa Bojong Baru, Jamal, mengatakan sebelumnya beberapa minggu yang lalu, beberapa tempat telah mengalami dampak banjir dari perbaikan tanggul tersebut yang dikarenakan pondasi jebol tersenggol oleh alat berat Belko.

“Dan saya beserta warga bergotong royong untuk membuat tanggul yang terbuat dari karung berisikan pasir ditumpukkan di pinggiran kali tersebut agar tidak terjadi kembali banjir,” ucapnya. (Man)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*