Kades Ciasmara: Kembangkan Pariwisata untuk Pemberdayaan Masyarakat

Taman wisata Cipanas Karang Endah, Desa Ciasmara Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor (dok. KM)
Taman wisata Cipanas Karang Endah, Desa Ciasmara Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor (dok. KM)

PAMIJAHAN, BOGOR (KM) – Objek wisata Cipanas Karang Endah merupakan salah satu destinasi wisata alam yang indah, selain sumber air panas dan beberapa air terjun, di sini juga tawarkan agrowisata hidroponik (wisata edukasi) tentang pembudidayaan tomat cherry hidroponik.

“Kedepannya kita akan jadikan BUMDES dan yang mengelola koperasi, dengan adanya wisata ini, untuk pemberdayaan masyarakat setempat, sedikit demi sedikit masyarakat tidak selalu merambah hutan, bisa mengalihkan mata pencahariannya dengan membuka warung, guide dan pekerjaan penataan wisata,” ujar Kades Ciasmara Usup di villa miliknya, Minggu (17/7).

Belum menunjangnya akses dan sarana prasarana yang memadai menjadi kendala taman wisata ini, seperti belum adanya home stay

Advertisement
bagi para wisatawan yang ingin menginap.

“Dulu sudah ada bantuan dari dinas pariwisata berupa bantuan MCK, dan sudah ada 2 investor yang siap mengelola tapi saya belum siap karena akses yang kurang menunjang. Saya berharap Taman Nasional dapat mendukung dan salah besar kalau tidak mendukung, Pemerintahan Desa sangat terbantu dengan adanya tempat pariwisata ini dengan tujuan mengurangi perambah hutan dan pemberdayaan masyarakat dengan mengelola pariwisata,” jelas Usup. (Dian Pribadi)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*