Sidak 3 Kecamatan, Disperindag dan Satpol PP Bogor Sita Bahan Kimia Ilegal

Satpol PP Kabupaten Bogor menyita sejumlah bahan kimia ilegal, Senin 27/6 (dok. KM)
Satpol PP Kabupaten Bogor menyita sejumlah bahan kimia ilegal, Senin 27/6 (dok. KM)

LEUWISADENG, BOGOR (KM) – Disperindag bersama Pol PP Kabupaten Bogor melakukan sidak terhadap pedagang bahan kimia (B2) ilegal di 5 titik di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Leuwiliang, Kecamatan Leuwisadeng dan Kecamatan Cigudeg, Senin 27/6,

Sidak kali pertama dilakukan oleh Disperindag, yang menyita sejumlah zat kimia berbahaya jenis sianida. Menurut keterangan Seksi Perlindungan Konsumen Bambang Triana, pihaknya menindaklanjuti laporan dari salah satu pengusaha yang mempunyai izin resmi (legal) menjual bahan kimia tersebut, yang mengeluhkan makin banyaknya pengusaha yang tak memiliki izin resmi alias ilegal dibiarkan leluasa menjual bahan berbahaya tersebut.

“Kita baru pertama kali sidak, kalau Satpol PP ini sudah yang kedua kalinya. Kebetulan tahun kemarin juga saat bulan puasa, kalau kemauan saya jangan saat bulan puasa. Semua barang yang diamankan akan kita bawa ke Diskoperindag, kita akan bina dan arahkan si pemilik untuk melengkapi perizinannya,” kata Bambang.

Advertisement

Tidak adanya tindakan yang menimbulkan efek jera membuat sejumlah pengusaha kembali beroperasi menjual bahan berbahaya tersebut. Disinyalir mereka menjadi ladang pundi-pundi uang bagi para oknum aparat ketika bulan puasa dengan alasan penertiban.

“Ini bukan penyitaan, sesuai undang-undang kita amankan, setelah didata kita akan kembalikan ke pemiliknya. Inilah Kabupaten Bogor, beda dengan Kota, kalau ada kesalahan langsung hajar. Petugas yang tidak bisa di ajak damai mereka pasang badan, mereka selalu ngajak 86, mereka minta di bina,” tambah Bambang

“Ya saya ikhlaskan saja, saya tahu kalau ini bermasalah, berhubung banyak yang beli dan keuntungan yang lumayan saya tetap berjualan,” ujar H. Ujang, salah satu penjual bahan kimia berbahaya tersebut kepada Kupas Merdeka.

Selanjutnya, 3 hari kemudian pemilik bahan kimia yang diamankan akan di panggil ke Diskoperindag untuk mengambil barang miliknya. (Dian/Denggan)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: