Pemerintah Desa Caringin Realisasikan Dana Desa Termin I Tahun 2016

BOGOR (KM) – Pasca dicairkannya Dana Desa (DD) termin pertama di tahun 2016 ini,  seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Bogor tengah sibuk melaksanakan pembangunan infrastuktur di wilayahnya. Seperti halnya yang dilakukan Pemerintah Desa Caringin, Kecamatan Caringin di wilayah Selatan Kabupaten Bogor.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) Caringin Rahmat mengatakan, DD termin pertama di tahun ini dikonsentrasikan pada peningkatan sejumlah sarana infrastruktur yang fungsi gunanya sangat vital bagi masyarakat. “Dana Desa termin pertama di tahun ini kami realisasikan untuk pengaspalan jalan, pembangunan saluran irigasi dan pemasangan paving blok,” ujar Rahmat kepada KM, kemarin.

Pjs Kades CAringing, Kabupaten Bogor, Rahmat (dok. KM)

Advertisement
Pjs Kades Caringin, Kabupaten Bogor, Rahmat (dok. KM)

Lebih lanjut, Rahmat menjelaskan, pengaspalan Jalan Lingkungan (Jaling) telah rampung dikerjakan di RT 4 dan 5, RW 2 Kampung Bunder, dengan volume pekerjaan seluas 854m. Peningkatan jalan dengan panjang 305m x luas 2,5 meter ini melibatkan masyarakat sekitar dengan masa pekerjaan selama empat hari dan didampingi tim pengawas dari kabupaten.

Selain itu, lanjut Pjs Kades Caringin, pihaknya juga melakukan pengoptimalan dua jalur saluran Irigasi Tersier sepanjang 1200 meter di wilayah RW 4 dan 5 Kampung Curug Dengdeng, yang sebelumnya tersumbat dan tak berfungsi dengan baik, hingga memicu terjadinya banjir. “Saat ini pekerjaan telah mencapai 30 persen dengan melibatkan 25 orang warga”, jelasnya.

Pemasangan paving blok di desa Caringin (dok. KM)

Pemasangan paving blok di desa Caringin (dok. KM)

Sementara itu, masih kata Rahmat, di wilayah RW 1, 3 dan 4 dilaksanakan pemasangan paving blok untuk jalan lingkungan. Masing-masing wilayah dipasang sepanjang 200 meter x 1 meter. “Untuk wilayah RW 2 yakni di wilayah pasar, kami laksanakan perbaikan saluran drainase. Untuk pencairan DD termin selanjutnya, kami berencana akan mengalokasikan pada pembangunan jamban keluarga di 40 titik”, tandas Rahmat. (Raden)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*