Limbah Peternakan Sapi di Desa Tugu Jaya Cigombong Disoal

Peternakan sapi (dok. Liputan6.com)
Peternakan sapi (dok. Liputan6.com)

CIGOMBONG, BOGOR (KM) – Peternakan sapi milik H. Iwan S di Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, diprotes warga. Pasalnya, setiap hujan turun, air membawa kotoran sapi mengalir melewati pemukiman warga, mengeluarkan bau yang sangat menyengat.

“Warga sudah berulang kali menyampaikan persoalan terkait limbah sapi ini ke pemerintah daerah, namun hingga saat ini belum ada langkah serius untuk mengatasi masalah ini,” ungkap warga sekitar benisial AG.

Jumlah sapi tersebut, kata AG, kurang lebih ada 39 ekor. Menurutnya, peternakan sapi itu berdiri di atas lahan garapan, dan tidak memiliki izin sama sekali, baik dari warga maupun dinas terkait.

Advertisement

“Saya berharap pemerintah Kabupaten Bogor bisa memberikan solusi. Tidak harus dipindah, tetapi setidaknya ada upaya untuk membuat aturan soal pengolahan limbah kotoran. Mungkin bisa dijadikan pupuk atau apalah, yang penting bau kotoran jangan sampai masuk ke dalam lingkungan masyarakat,” harap warga lainnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi, Iwan pemilik peternakan membantah adanya kotoran sapi yang mencemari lingkungan warga. Dia berdalih, dibukanya usaha ternak ini bertujuan untuk membantu warga setempat agar bisa bekerja. Bahkan, sebagai antisipasi pencemaran lingkungan, pihaknya mengadakan pengolahan limbah kotoran sapi menjadi biogas. (Raden)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*