Kota Bogor dan Perancis Rintis Kerjasama Masterplan PJU

Tugu Kujang di malam hari (dok. fotowinara.com)
Tugu Kujang di malam hari (dok. fotowinara.com)

BOGOR (KM) – Tim teknis Bagian Penerangan Jalan Umum (PJU) pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor tengah menjalin kerja sama dengan Agence Development France (ADF). Lembaga negara Perancis tersebut siap membantu membuat masterplan PJU dengan melakukan pendataan atau inventarisasi panel dan lampu yang akan diterapkan di kemudian hari di Kota Bogor.

Saat ini pendataan sudah dimulai sejak 23 Mei hingga nanti 1 Juli 2016. Pendataan meliputi jenis lampu, kondisi, ornamen, panel dan jumlah lampu PJU yang ada. “Jadi nanti ada rencana semua lampu PJU di Kota Bogor akan diganti dengan jenis lampu LED,” kata Kabid PJU DKP Kota Bogor, Wawan Gunawan.

Wawan menjelaskan, dari jumlah lampu PJU yang terpasang 19.661 unit se-Kota Bogor hingga akhir tahun 2015, mayoritas jenis lampu konvensional. Untuk tahap awal sudah diganti dengan lampu LED 600 unit.

Advertisement

Mengapa akan diganti dengan lampu LED. Dijelaskannya, lampu LED memiliki daya lebih rendah sekitar 120 watt tapi hasilnya sebanding dengan penerangan 250 watt lampu konvensional. “Jadi biaya bayar lampu LED akan lebih murah dan hemat ke PLN dan mengurangi beban APBD. Memang nilai investasinya akan lebih mahal di awal. DKI Jakarta saja menerapkan lampu PJU LED investasinya mencapai Rp700 miliar,” ungkapnya.

Wawan mengemukakan, penggantian jenis lampu PJU menjadi LED juga mempertimbangkan masih besarnya biaya PJU yang saat ini mencapai Rp1,3 miliar per tahunnya. Sedangkan pemasukan dari Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dari masyarakat pelanggan listrik di Kota Bogor belum sebanding.

“Makanya ada rencana PPJ di Kota Bogor naik dari saat ini 3% menjadi 5%. Tinggal tunggu Perdanya disahkan. Kenaikan ini akan diimbangi dengan pelayanan yang maksimal,” tegasnya.(Raden)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*