Sekolah Bright Kids Preschool Dilaporkan ke KPAI

Kantor pusat KPAI di Jl Teuku Umar, Jakarta (stock)
Kantor pusat KPAI di Jl Teuku Umar, Jakarta (stock)

JAKARTA (KM) – Orang tua korban tindak kekerasan terhadap anak, Sandi Than bersama pengacara korban Jefri Luanmase SH mendatangi KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) di Jl. Teuku Umar No.10-12 Menteng Jakarta Pusat untuk mengadukan Sekolah Internasional Bright Kids Preschool, atas kekerasan yang dilakukan guru Maria Peni Uran bedasarkan laporan polisi di Polsek Pademangan Jakarta (25/04).

Pihak KPAI menerima hasil laporan pengaduan yang di sampaikan oleh pengacara Jefri Luanmase yaitu bahwa “pihak sekolah sama sekali tidak menangapi kekerasan yang terjadi terhdap klien saya William Than, bahwa pihak Polsek Pademangan tidak menerapkan UU kekerasan terhadap anak dan bahwa hasil keterangan yang didapat bahwa izin sekolah tersebut ilegal, saya meminta untuk tindakan dinas pendidikan mengenai sekolah tersebut.”

Dari Pihak KPAI yang menerima pengaduan, Anes Tampubolon menjelaskan, “kami sudah menerima laporan dari pihak korban, kami akan mengawasi tindakan yang dilakukan terhadap korban Wiliam Than dan akan mengambil sikap dengan melakukan tindakan.”

Pihak KPAI menindaklanjuti laporan pengaduan di Polsek Pademangan dan secara otomatis menerapkan pasal yang menjerat pelaku penganiayaan anak. Disampaikan oleh pengacara, pasal tersebut adalah Pasal 76C UU 35 Tahun 2014 yang berbunyi “Setiap Orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan Kekerasan terhadap Anak.” Sementara, sanksi bagi orang yang melanggar pasal tersebut (pelaku kekerasan/peganiayaan) ditentukan dalam Pasal 80 UU 35/2014 yang berbunyi “Setiap Orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76C, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan dan/atau denda paling banyak Rp72.000.000,00 (tujuh puluh dua juta rupiah).”

Advertisement

Pihak KPAI menerangkan bahwa mereka akan memanggil pihak Sekolah Internasional BRIGHT KIDS PRESCHOOL untuk menghadap KPAI dan memberikan penjelasan terkait tindak kekerasan yang dilakukan.

Pihak KPAI juga mengatakan akan mengirim Surat ke dinas Pendidikan mengenai status izin Sekolah BRIGHT KIDS PRESCHOOL.

Berkenaan dengan kondisi korban, pihak KPAI akan melakukan pemeriksaan fisik dan mental korban Wiliam Than. (Putra Tobing)

Advertisement
Komentar Facebook

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Aniaya Siswa, Oknum Guru Bright Kids Preschool Masih Bebas Berkeliaran – KUPAS MERDEKA
  2. Belum Lengkap, Kejaksaan Kembalikan Berkas Kasus Dugaan Kekerasan Terhadap Siswa PAUD Kepada Penyidik – KUPAS MERDEKA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*