DKP, Sekber Ormas Bogor Barat Kerja Bakti Bangun Lahan Terbuka Hijau

Perwakilan dari institusi-institusi serta Sekber Ormas Bogor Barat yang ikut serta dalam acara Kerja Bakti untuk pembuatan LTH di TPA Galuga, Jumat 11/3 (dok. KM)
Perwakilan dari institusi-institusi serta Sekber Ormas Bogor Barat yang ikut serta dalam acara Kerja Bakti untuk pembuatan LTH di TPA Galuga, Jumat 11/3 (dok. KM)

CIBUNGBULANG (KM) – Sebagai bentuk sinergitas antara pemerintah, TNI dan penegak hukum lainnya, Sekber Ormas Bogor Barat beserta Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor adakan Kerja Bakti, Jumat 11/3/16 dengan tujuan menutup sebagian lahan atau zona tidak aktif seluas 1500m2. Lahan tersebut nantinya akan digunakan sebagai Lahan Terbuka Hijau (Buffer Zone).

Acara kerja bakti ini diikuti sekitar 400 personil dari unsur TNI (Dandim 315), Polres Kota Bogor, DLLAJ, Pol PP, BLH, DKP kota Bogor dan tidak ketinggalan pula ikut bagian Ormas Bogor Barat, rencananya setelah sebulan ditimbun, tanah seluas 1500m2 tersebut akan ditanami pohon dengan jenis pohon tertentu yang mampu bertahan dan beradaptasi dengan keadaan tanah (Akasia, Mahoni), sekitar 1000 pohon telah di persiapkan untuk ditanam untuk tahap awal dan akan terus di lakukan secara bertahap untuk penanaman selanjutnya

“Sebetulnya acara kerja bakti ini akan di lakukan hari Senin tetapi melihat ada acara lain yang begitu penting maka kita majukan ke hari ini. Kegiatan ini sebagai bentuk nyata membantu mengatasi masalah sampah, supaya kedepan sampah jangan menjadi momok yang menakutkan akan tetapi bisa kita manfaatkan dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat” kata irwan Kadis DKP Kota Bogor.

Lebih lanjut Irwan berkata bahwa harapannya kedepan, pembuangan sampah ke TPA bisa berkurang sekitar 30 persen. “Untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat Kota Bogor untuk memulai memilah sampah dari rumah tangga” tutupnya.

Advertisement

Tujuan lain dari kegiatan penanaman pohon selain sebagai untuk ruang terbuka hijau sekaligus sebagai penanda batas tanah yang dimiliki antara tanah masyarakat, DKP Kota Bogor serta tanah milik DKP Kabupaten Bogor seperti yang dijelaskan oleh Kepala UPTD TPA Galuga, Iwan.

Sejalan dengan kegiatan ini, Sekber Ormas Bogor Barat mendukung dan membantu kegiatan kerja bakti yang merupakan inisiatif DKP Kota Bogor tersebut, dengan hadirnya sejumlah perwakilan anggota dari Ormas-Ormas yang terjun langsung mengikuti kegiatan.

Secara terpisah, Penasehat Sekber Ormas Bogor Barat Wa Encim mengatakan, “sesuai permintaan DKP, untuk Ormas Anggota Sekber saya minta untuk mengirimkan perwakilan anggotanya lima orang dalam membantu dan mendukung salah satu kegiatan ini untuk mendapatkan piala Adipura”.

Menambahkan, Pembina Sekber Ormas Bogor Barat yang juga sebagai ketua para pemulung TPA Galuga H. Yani mengatakan, “kita membantu pemerintahan dalam kegiatan ini demi bersinergi dengan masyarakat dalam upaya TPA Galuga tertib, nyaman dan aman sehingga TPA Galuga bisa di gunakan seterusnya dengan catatan pemerintah (DKP) dan masyarakat bekerjasama dengan baik dan saling menguntungkan dan saling bantu”.(Dian Pribadi)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*