Proses Pengurusan Surat Tilang Polres Bogor Berbelit dan Terindikasi Pungli

Masyarakat mengurus tilang di Polres Bogor, Cibinong (dok. KM)
Masyarakat mengurus tilang di Polres Bogor, Cibinong (dok. KM)

BOGOR (KM) – Banyak masyarakat di Kabupaten Bogor yang hendak mengurus surat tilang ke Pengadilan Negeri Cibinong merasa kecewa.

Kekecewaan mereka lantaran saat hendak mengikuti sidang di PN Cibinong, ternyata berkas surat tilang tersebut belum dilimpahkan dari Polres Bogor dan terkesan ditahan di bagian Bagian Urusan Tilang.

Salah satu warga yang mengeluhkan hal tersebut HH, (45) menjelaskan, sejak dirinya ditilang tanggal 9/2/2016 lalu dan tertera di surat mengurus sidang di PN Cibinong tanggal 19/2/2016, ternyata berkasnya belum dilimpahkan dari Polres Bogor.

“Saya kecewa dengan proses yang berbelit dan tidak sesuai aturan ini, bagaimana bisa saat saya mau mengurus tilang di PN Cibinong malah dikatakan berkas belum dilimpahkan dan terkesan ditahan di Polres Bogor,” ujar HH kepada KM, Jum’at (19/2/16).

Sementara kekecewaan juga ditunjukan Panitera Muda (Pamud) Pidana Pengadilan Negeri Cibinong, Hermina Mastarida SH, MA. Pasalnya, banyak warga yang hendak mengurus surat tilang komplain karena berkas belum sampai ke PN dari Polres Bogor dari bagian tilang

“Kami yang jadi kena sasaran warga yang hendak mengurus surat tilang, padahal berkas belum masuk ke kami, padahal masyarakat sudah berbondong-bondong datang ke PN untuk mengurus,” ujar Hermina.

Saat Kupas Merdeka mengkonfirmasi ke kepala bagian BAUR Tilang Polres Bogor, Aiptu Jemakir terkesan mengelak dan mempersilahkan konfirmasi ke KBO Lantas Polres Bogor melalui pesan singkat telpon selulernya.

Diketahui, jika masyarakat mengurus surat tilang ke Pengadilan Negeri Cibinong, hanya dikenakan tarif 25-30 ribu rupiah untuk sepeda motor. Namun jika mengurus di Polres bisa sampai 70-80 ribu untuk motor dan 150 ribu untuk kendaraan roda empat. (Aril/Faizal/Wawan)

1 Comment

  1. Waduh…gemana ini…mudah2an dah ada perbaikan pelayanan dari pihak terkait

Leave a comment

Your email address will not be published.


*