Panen Raya Desa Ciasmara Meski Musim Kemarau Melanda

Dokumentasi Panen Raya Ciasmara
Panen Raya Ciasmara, Kecamatan Pamijahan (dok. Kupas Merdeka)

Hampir seluruh wilayah kabupaten Bogor mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang berkepanjangan dan hujan yang tak kunjung datang. Bahkan di beberapa wilayah, masyarakat mengalami kesulitan air bersih untuk  kebutuhan sehari-hari.

Beberapa lahan pertanian di kabupaten Bogor pun juga ikut terkena dampaknya. Namun tidak demikian dengan wilayah kabupaten Bogor yang berada di sebelah barat, tepatnya di kecamatan Pamijahan. Terbukti, beberapa hari yang lalu kelompok Tani Cinta Tani yang berada di Desa Ciasmara mengadakan penen raya, dihadiri Dandim 0621 Kabupaten Bogor Kapt Czi Dwi Bima, Kepala Distanhut, Kepala Bulog, Kepala BKP5K, Camat Pamijahan, Kepala Desa Ciasmara, dan seluruh Danramil serta jajaran koramil setempat di saksikan masyarakat setempat, Jum’at (21/08).

“Apresiasi kepada bapak Dandim yang dalam hal ini tentunya sangat semangat dan antusias untuk mendampingi para petani melalui babinsa-babinsa yang ada di desanya di Kabupaten Bogor. Dan Alhamdulillah sangat terasa sekali pendampingan kepada para petani yang ada di desa Ciasmara,” tutur Kepala Desa Ciasmara Yusup Suparman dalam sambutannya.

Lanjut ia menjelaskan,”luas lahan pertanian padi di Desa Ciasmara 320 ha, terdiri dari 9 kelompok tani dan 1 Gapoktan. Musim tanam satu tahun itu umumnya 3 kali. Dari tahun ke tahun hasil produksi pertanian di Ciasmara itu semakin meningkat, ini tidak lepas dari peran serta pihak pemerintah kabupaten dan pihak-pihak terkait yang telah membantu baik sarana maupun prasarana yang di khususkan bagi para petani di Desa Ciasmara,” ungkapnya.
Lebih lanjut, dirinya berharap, “para petani di Desa Ciasmara tentunya masih berharap bantuan-bantuan untuk menunjang dan meningkatkan hasil pertanian. Dengan mengoptimalkan saluran-saluran, sehubungan jalur selokan-selokan di Desa Ciasmara ini sangat panjang dan kebutuhannya sangat panjang.”

“Adapun bantuan-bantuan yang lalu itu sudah mengalami kerusakan, perlu diperbaiki dan ada juga yang belum tersentuh sama sekali, dan yang lainnya mungkin sarana dan prasarana di bidang pertanian itu sangat dibutuhhkan oleh para petani,” pungkas Yusup.

Advertisement

Menanggapi hal tersebut, Kepala Distanhut Kabupaten Bogor Hj. Nurhayati mengatakan, “Silahkan bersama-sama teman UPT silahkan mengajukan usulan proposal agar segera di tindaklanjuti. Potensi pertanian di Desa Ciasmara ini cukup baik hanya beberapa yang masih perlu di perbaiki, yaitu saluran irigasi, baik sekunder, primer, tersier dan kuertier dan bendungannya itu cukup baik,” tambahnya.

“Mudah-mudahan panen ini akan berlanjut dan kekeringan-kekeringan dapat segera diatasi sehingga tidak mengurangi produktivitas pertanian di desa ini.” Pungkasnya.

Sementara itu, Letkol Czi Dwi Bima mengatakan, “Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa di tengah-tengah musim kemarau di tempat lain di kabupaten bagian timur itu sudah tidak bisa panen tapi di barat Alhamdulillah kita masih akan bisa melaksanakan panen. Tentunya ini berkat do’a dan usaha para rekan-rekan petani yang tidak kenal menyerah untuk memperoleh hasil yang baik. Mudah-mudahan hasil panen ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat, khususnya masyarakat pamijahan dan terlebih lagi kabupaten Bogor. Suatu kehormatan bagi para babinsa dilapangan untuk mendampingi rekan-rekan petani dalam rangka mendukung ketahanan pangan. Kenapa dinamakan ketahanan pangan, karena kita lihat beberapa tahun terakhir ini banyak sekali mengimpor beras dan banyak sekali lahan-lahan pertanian yanga alih fungsi, disebabkan karena animo masyarakat terhadap pertanian itu sudah mulai berkurang, lebih banyak memilih untuk mencari pekerjaan yang lain, padahal kita adalah Negara petani yang tidak bisa hidup tanpa sawah tanpa padi, justru tanaman itu mulai ditinggalkan. Justru hadirnya babinsa ini diharapkan mendampingi para petani sehingga hasil panen atau sawah tetap terjaga.” Pungkasnya.

Acara yang diisi dengan sambuta-sambutan juga diisi dengan melakukan panen yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh aparat yang hadir, juga diisi dengan kuis yang diadakan oleh panitia acara. (moses)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*