Pj. Bupati Subang Buka Bimbingan Manasik Haji TA.2024

SUBANG (KM) – Penjabat (Pj) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd menghadiri sekaligus membuka bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Subang tahun 2024, bertempat di Wisma Haji Subang. Rabu, (17/4).

Kegiatan bimbingan manasik haji yang dilaksanakan pada tanggal 17-18 April 2024 tersebut mengangkat tema ‘Meneguhkan Sehati Mewujudkan Subang Ngahiji’ dan diikuti oleh 1.180 peserta, dengan rincian 588 orang mengikuti bimbingan manasik pada tanggal 17 April, dan 592 orang pada tanggal 18 April 2024.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Subang Dr. H. Badruzaman, S.Ag., M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa kuota jamaah haji Kabupaten Subang yang akan berangkat tahun 2024 sebanyak 1.180 orang, yang terdiri dari kuota murni 1.072 orang, kuota cadangan sebanyak 209, pendamping 52 orang dan pembimbing jamaah 6 orang.

Terkait agenda manasik, Kepala Kemenag menjelaskan bahwa manasik merupakan suatu hal yang penting bagi para calon jemaah, sehingga para jemaah dapat mengetahui dan dapat menjalankan ibadah sesuai dengan rukun wajib yang sesuai dengan ketentuannya.

“Bimbingan manasik ini menjadi penting, terlebih untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kesiapan dalam mengamalkan rukun wajib haji nanti,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, diserahkan secara simbolis batik Subang sekaligus launching pakaian batik resmi para calon jemaah haji Kabupaten Subang oleh Pj. Bupati Subang. Pada penyerahan secara simbolis tersebut, Pj. Bupati Subang berharap, batik Subang mampu menjadi salah satu kebanggaan sekaligus ciri khas bagi Kabupaten Subang.

Selanjutnya, Pj. Bupati Subang dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari yang dinanti-nantikan oleh para calon jemaah haji, karena pada hari ini ditentukan kuota dan siapa saja yang akan berangkat ke tanah suci pada tahun 2024.

“Hari ini tentunya merupakan sungguh hari yang dinanti-nantikan oleh semua calon jamaah haji yang ada di Kabupaten Subang. kenapa seperti itu ?Karena hari ini juga itu ditegaskan tadi oleh Pak Kakan, itu berapa dan siapa saja yang akan menjadi peserta ibadah haji tahun 2024,” terangnya.

Pj. Bupati Subang juga mengapresiasi panitia penyelenggara Ibadah Haji Kabupaten Subang yang telah memberikan pelayanan optimal bagi para calon jemaah haji, termasuk atas kegiatan yang saat ini dilaksanakan sebagai pengetahuan bagi para calon jemaah haji dalam menjalankan ibadahnya ke tanah suci.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara yang telah menginisiasi menyelenggarakan kemudian juga memberi pelayanan kepada seluruh jamaah calon haji Kabupaten Subang untuk bisa menerima pengetahuan dan menerima bimbingan, sehingga pada saat pelaksanaan ibadah haji tidak ada kendala apakah di tanah air ataukah nanti sesampainya di tanah suci.” ucapnya.

Selanjutnya, Pj. Bupati Subang juga menghimbau kepada para calon jemaah haji untuk selalu menjaga kesehatan, dan fokuskan diri untuk dapat beribadah sebaik mungkin.

“Jaga kesehatan, mulai dari hari ini sampai dengan nanti masa keberangkatan sudah fokus saja untuk mempersiapkan diri kita berangkat melakukan ibadah, termasuk juga mendalam pengetahuan mengenai ibadah haji,” himbunya.

Selain itu, Pj. Bupati juga mengimbau para jemaah haji untuk selalu menjaga nama baik pribadi maupun Kabupaten Subang, juga untuk saling menjaga dan tolong menolong sesama calon jemaah karena para calon jemaah adalah ibarat sebuah keluarga.

“Yang berkumpul di sini ini hari ini adalah calon jamaah haji Kabupaten Subang. Oleh karena itu, tolong dijaga nama baik. Kemudian karena kita ini Kabupaten Subang satu keluarga, bina keluarga itu mulai dari sekarang, saling menasehati, saling tolong-menolong, saling bantu, itu harus kita mulai dari hari ini,” tutupnya.

Reporter: Din

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*