Kolom: Menakar Popularitas dan Elektabilitas Calon Bupati Bogor

Kolom oleh Firdaus*)

CIBINONG – Belum tuntas tahapan pemilu 2024, bangsa ini kembali akan dihadapkan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Baik itu pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia bahkan tahapan pilkada tersebut sudah dilaunching oleh KPU RI beberapa hari yang lalu. Artinya secara tahapan penyelenggaraan pilkada serentak 2024 sudah dimulai.

Tentu saja dengan waktu yang singkat dan beririsan tahapannya dengan pemilu 2024, dinamika dan dialektika pilkada di Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh indonesia sudah mulai menghangat, tak terkecuali di Kabupaten Bogor yang mempunyai Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbesar di seluruh Indonesia.

Kontestasi Pilkada serentak tahun 2024 akan dilaksanakan pada 27 November mendatang, menariknya Pilkada serentak ini dilaksanakan tidak jauh setelah pelaksanaan Pileg tahun 2024 dihelat, sehingga tolak ukur elektoral dari masing masing calon bisa terukur dari raihan suara seorang calon.

Berdasarkan beberapa data Lembaga survey dan data media massa baik online maupun cetak, selain nama nama yang sudah tenar seperti Jaro Ade, Iwan Setiawan dan Ade Wardana Adinata, berikut beberapa nama yang masuk pada bursa calon Bupati Bogor yang ikut berkontestasi pada pemilu legislative beserta raihan suaranya :

1. Elly Rachmat Yasin Caleg DPR RI dari partai PPP berhasil mengumpulkan suara 99.546
2. Gunawan Hasan Caleg DPR RI dari partai PSI berhasil mengumpulkan suara 15.666
3. ⁠Ronald Broron Caleg DPR RI dari partai PSI berhasil mengumpulkansuara 23.619
4. ⁠Rieke Iskandar (Akew) caleg DPRD Provinsi dari Partai PPP berhasil mendapatkan suara kurang dari 5.000 suara.
5. Rudi Susmanto Caleg DPRD dari Partai Gerindra Dapil II berhasil mendapatkan suara 48.944.
6. Hj. Hisan Anis Matta Caleg DPR RI dari Partai Gelora, berhasil mengumpulkan suara 10.489.
7. Dr. Aep Saepudin Muhtar, M. Sos (Gus Udin) Calon anggota DPD RI berhasil mengumpulkan suara 91.790 di Kabupaten Bogor dari total keseluruhan 649.191 raihan suara se Jawa Barat.

Raihan suara saat kontestasi Pileg 2024 lalu, setidaknya bisa dijadikan barometer oleh Partai Politik dalam menentukan tingkat popularitas dan elektabilitas calon untuk kemudian menjadi pertimbangan dari Partai Politik dalam mengusung calon yang akan melenggang pada arena pertarungan memperebutkan kursi kepemimpinan di Bumi Tegar Beriman.

Tentu saja masih terlalu dini untuk bisa menyimpulkan siapa saja yang secara pasti akan “bertarung” pada Pilkada di Kabupaten Bogor ini. Selain masih banyak tahapan untuk ditempuh oleh siapapun yang akan menjadi calon Bupati maupun Wakil Bupati di Kabupaten Bogor. Oleh karena itu yang paling bisa dianalisia dan dieksplorasi adalah potensi dan peluang nama-nama di atas untuk melenggang sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bogor pada Pilkada 2024 mendatang.

*)- Pemerhati Masalah Sosial Bogor)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*