Jenjang SMP Kabupaten Bogor Diminta Tuntaskan IKM Tahun 2024

Workshop Penguatan IKM SMP Kabupaten Bogor

BOGOR ( KM ) – Dalam penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk jenjang SMP di Kabupaten Bogor diharapkan bisa tuntas tahun ini.

“Untuk jenjang SMP tahun 2024 ini sudah 627 sekolah yang telah menerapkan IKM,” jelas Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bogor, Bambang W Tawakal kepada wartawan usai membuka Workshop Penguatan IKM di Hotel New Ayuda Megamendung Bogor, Selasa (5/3/2024).

Bambang menghimbau, agar para kepala sekolah wajib memahami program terbaru. Sehingga pola sebelumnya kurikulum 13, kurikulum masa covid dan sekarang IKM.

“Yakni, Merdeka Belajar, Merdeka Berbagi dan Merdeka Berubah,” katanya.

Sementara Seksi Kurikulum dan Pengujian SMP Disdik Kabupaten Bogor Supriadi mengatakan, Kemendikbud Ristek RI telah resmi menetapkan kurikulum merdeka ditahun ajaran 2022-2023.

“Maka seluruh stakeholder pendidikan harus segera mengambil langkah untuk menyesuaikan dan menyikapi agar proses pembelajaran lancar serta efektif,” pesanya.

Supriadi mengingatkan, kurikulum ini cukup menantang bagi guru-guru karena harus menguasai media dan medium belajar yang serba digital untuk belajar.

“Jadi guru harus mampu mengimbangi kecakapan digital anak anak dan mendampingi dalam literasi tehnologi,” terangnya.

Menurut Supriadi, berdasarkan Data Pokok.Pendidikan (Dapodik) ada sebanyak 754 SMP baik negeri maupun swasta di Kabupaten Bogor.

“Dan ada 127 SMP yang belum menerapkan kurikulum merdeka, semoga tahun ini bisa ,” harapnya.

Reporter: Gats

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*