Warga Subang Minta KPU Pajang Hasil Formulir C1 Pleno di Setiap Desa

SUBANG (KM) – Warga masyarakat Subang Asep Iwan mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang agar formulir model C1-Plano hasil Pemilu 2024 bisa dipajang di papan informasi di setiap desa, tidak hanya di tayangkan di website.

Menurutnya, hal itu merupakan cara efektif dalam hal ketiadaan akses bagi caleg, parpol, atau masyarakat pemilih untuk ikut mengecek kesesuaian jumlah suara yang tayang di situs KPU ataupun di desa dengan dokumen CI-Plano.

“Ituu bagian dari prinsip partisipasi publik untuk memantau kinerja KPU sebagai badan publik penyelenggara pemilihan wakil rakyat,”ungkap pria yang akrab disapa Anum, Rabu (21/2).

Ia menegaskan dengan adanya pengumuman C1 dan plano di PPS desa/kelurahan, maka suara caleg bisa terjaga, serta timses dan masyarakat bisa mengetahui hasilnya.

“Kalo sekarang kan data seperti yang disembunyikan sehingga bisa timbul dugaan diubah,”jelasnya.

Menurutnya, KPU sebagai badan publik berkewajiban melaksanakan keterbukaan informasi publik lebih transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi, sebab penghitungan suara tak hanya soal presiden dan wakil presiden.

Dia mengatakan penayangan jumlah suara partai politik dan caleg juga tak kalah pentingnya.
Anum menegaskan pemilu berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, sehingga KPU wajib menginformasikan dengan akurat agar tak menimbulkan kegaduhan.

Ada salah satu timses caleg Alfin Alfian mengatakan, bahwa web Sirekap tidak komplit saat dibutuhkan banyak orang, bahkan sampai hari ini banyak TPS kosong.

“Padahal saya yakin KPPS sudah kirim PDF nya, lebih baik data TPS dipajang saja di papan informasi sekretariat PPS,”ujarnya.

“Apalagi di lapangan model C1 saat ini seperti dokumen rahasia, sehingga yang masyarakat khusus timses mengeluh data sulit di akses lebih awal, padahal penyelenggara Pemilu kan seharusnya tidak punya kepentingan apapun selain menyajikan data yang benar dan akurat. Kalo ujungnya nunggu pleno, ngapain ada website Sirekap,”pungkasnya.

Reporter: Din

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*