Karinding, Alat Musik, Pranata Sosial dan Religi Masyarakat Sunda

Workshop Karinding di Bogor

Bogor (KM) – Karinding adalah alat musik tradisi asal Sunda yang sudah berumur ratusan bahkan ribuan tahun,tepatnya tahun 130 M,tertulis di kitab Sanghyang raga dewata.  Yang berbunyi “Karinding nu ngajak nyari,haleang nu ngajak hudang”.

Esensi karinding bukan hanya sekedar alat musik,tapi lebih menjadi pranata sosial,dan religi masyarakat sunda jauh sebelum agama menyentuh tatar Sunda.

Dalam rangka melestarikan dan mengenalkan karinding kepada masyarakat khususnya generasi muda, maka di adakan lah workshop karinding part 1.

Acara yang di prakarsai oleh keboenkami dan kaos lukis bogor (kalubo). Diadakan di keboenkami jl. Padjajaran 121 belakang kantor Sat pol pp kota Bogor. Minggu (4/1).

Acara di hadiri lebih dari 20 orang mulai dari anak sekolah,mahasiswa,praktisi seni,dan juga dari dinas budaya dan pariwasata kota bogor.

Acara yang berlangsung santai namun syarat makna ini di suport oleh tulang bajing,rumah kreatif dara,lawang tours,bangopi,smart fotografi,dan disparbud kota bogor.

Ketua panitia Landi mahendra mengatakan dalam sambutan nya
“Terimakasih atas apresiasi dari seluruh peserta workshop dan kami memohon maaf atas kekurangan kami selaku panitia”. Jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas pariwisata dan budaya kota Bogor Ismawati mengatakan
“Kami sebenarnya tidak diundang acara ini,hanya teman teman datang ke kantor dan mengatakan akan buat acara ini,kami bilang siap kami hadir, karna ini bukti nyata kami mendukung aktifitas seni dan budaya di kota Bogor”. Tutupnya.

Ki Medi

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*