HMI MPO Komisariat Teknik UIKA dan Komunitas UKM Advokat Universitas Terbuka Gelar Seminar Demokrasi di Balai Kota Bogor

HMI MPO Komisariat Teknik UIKA dan Komunitas UKM Advokat Universitas Terbuka Gelar Seminar Demokrasi di Balai Kota Bogor

BOGOR (KM) – HMI MPO Komisariat Teknik UIKA dan Komunitas UKM Advokat Universitas Terbuka mengadakan seminar demokrasi di Balai Kota Bogor di Aula Sribaduka, Komplek Balai Kota Bogor, dengan tema ‘Peran agent of change dalam menyikapi panasnya pagelaran demokrasi’ pada Minggu (7/1).

 

Ketua Umum HMI MPO Bogor Irfan Yoga mengatakan genda seminar yang dilatarbelakangi oleh beberapa pandangan HMI Konsat Teknik beserta UKM UT melihat beberapa fenomena demokrasi yang semakin panas dan liar di tubuh negara hari ini.

 

“Tridarma perguruan tinggi yang kemudian dijadikan satu ukuran untuk menemukan titik tumpu, titik temu dan titik tuju sebuah gerakan perubahan di lingkungan masyarakat adalah sesuatu yang hari ini dirasa absen dari perbincangan pemuda atau mahasiswa, sehingga banyak sekali agenda agenda politik dalam sistim demokrasi hari ini yg mulai samar. Tentu ini menyebabkan terjadinya banyak konsekuensi, mulai dari timbulnya kecemasan kecemasan publik akibat dari intervensi kekuasaan yg terlalu dominan hingga hilangnya sensitifitas mahasiswa sebagai agent perubahan,” jelasnya.

 

“Tentu ini akan sangat berdampak kuat bagi kehidupan demokrasi bangsa Indonesia,” ujarnya.

 

Wali Kota Bogor Bima Arya berpesan untuk seluruh agent perubahan untuk selalu memahami konteks perubahan dan menyelaraskannya dengan gaya kekinian.

 

“Saya menilik beberapa perubahan yg dilakukan oleh para aktivis selalu membawa spirit intelektual dan moral, yang sampai hari ini musti dijaga, tetapi penetrasi arus global ini mengharuskan kita tetap up to date terkait cara pencapaiannya,” tutupnya.

 

Seminar dihadiri oleh tiga pembicara yaitu Firman Wijaya selaku Komisioner Bawaslu Kota Bogor, pembina UKM Advokasi UT serta Kepala Kesbangpol Kota Bogor yang masing- masing dalam menyampaikan materi sangat detail.

 

Ketua Panitia Seminar berharap dari HMI Komsat Teknik beserta UKM Advokat adalah semoga seminar ini mampu mereposisi kembali terkait tugas pokok dan fungsi mahasiswa dan pemuda dalam pagelaran demokrasi indonesia.

 

Reporter: Ki Medi

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*