Bukan Hanya Andal Teknologi, Mahasiswa System Informasi Juga Berpeluang Sukses Dalam Bisnis

Cover Aplikasi

Bayar mahal tapi malah gak bisa tidur pules? Belajaranya empat tahun tapi malah dikasih bahasa asing pula, LOH- LOH kok marah? Hai sobat muda, jangan marah- marah dulu ya! Setelah baca judulnya pasti kalian bingung kan apa maksud dari judul itu? Atau kalian sudah mengira-ngira jurusan apa yang dimaksud? Sini,aku jelasin. Emang si jurusan ini termasuk jurusan yang populer untuk sekarang. Tapi, apakah sebandingan dengan masa depan? Jawabannya Terjamin dong!! Jurusan satu ini adalah jurusan yang hitz, karena dijurusan ini pastinya bukan hanya belajar soal segi teknologi dan informasi tetapi juga bisnisnya loh. Seperti yang aku dan timku bikin saat ini, kami masih semester satu dan sudah punya ide untuk merancang sebuah aplikasi yang dapat membantu para pengepul dan para recyle dalam mengurangi sampah- sampah disekitar. Emang si belum luncur aplikasinya lagi tahap on progress. Tenang saja, aplikasi ini bisa di jadikan uang tambahan kita loh sobat muda, keren kan.

 

Nah sobat muda, gimana sudah kebayang belum jurusan apa yang di maksud? Banyak yang mengira jurusan ini punya kembaran, tapi siapa sangka ternyata berbeda loh, jangan sampai salah yaah. Jurusan yang di maksud lebih ke arah menganalisis soal business perusahaan. Ada yang tahu? Yupp, jurusan Sistem Informasi, lalu siapa kembarannya? Kembarannya iyalah jurusan Sistem informatika. Tapi aku tidak akan bahas soal sistem informatika yahh, yang akan aku bahas disini iyalah jurusan Sistem Informasi. Banyak banget yang nanya pasti dijurusan ini bikin aplikasi ya kak? Atau Bikin web ? Pasti isinya kodingan semua yah? ah bosenin. Emang jurusan ini cocok buat wanita? Hahahaha. Enggak gitu konsepnya ya teman- teman.

 

Di jurusan Sistem Informasi engga selalu soal koding kok, disini diajarkan cara kita memecahkan masalah didalam sebuah perusahaan yang nantinya akan terpakai saat kita kerja. Iya si, semua jurusan pasti belajar cara memecahkan masalah, tapi di sini dengan adanya anak Sistem Informasi kami harus memecahkan masalah dalam sebuah program yang pastinya elemen data dirubah menjadi informasi dari informasi diambil keputusan yang akhirnya akan menjadi knowladge. Bagaimana sih maksudnya? Sini-sini aku kasih paham, di sekitar kita pastinya banyak sampah yang masih terbengkalai seperti botol kemasan, kaleng minuman, minyak jelantah, bungkus kemasan, koran, majalah bekas, paralon, dll.

 

Dari masalah disekitar kita, bisa banget membuat sesuatu yang dimana dapat membantu masyarakat sekitar kalian. Nah contoh aku dan tim membuat sebuah bisnis layanan aplikasi bank sampah yang nantinya kami berharap bisa segera diluncurkan untuk masyarakat dalam pengangkalan sampah- sampah disekitar. Konsep-nya begini dari sampah jadi poin dari poin jadi cuan tambahan anak sekolah, Mahasiswa/i kost yang ingin menghasilkan uang tambahan tanpa mengeluarkan modal yang besar hanya dengan download dan menemukan sampah di sekitar. Satu pcs sampah akan dijadikan poin jika sudah terkumpul, nantinya dari point itu dapat ditukar menjadi uang melalui beberapa platfrom penukaran poin yang disediakan di dalam aplikasi. Maka dari itu aplikasi kami sangat bermanfaat dalam mengurangi sampah dan dapat juga membantu para recycle dan para pengepul sampah. Hebatnya lagi, aplikasi kami ini ada fitur YUKI, adalah penyebutan nama untuk petugas kami yang membantu dalam penghantaran dan pengambilan sampah yang kami kemas secara PREMIUM dengan range harga start 75/bulan. Karena bisnis kami adalah sebuah aplikasi yang masih dalam bentuk konsep on progress untuk itu kami masih tahap prototype UI/UX nya bisa diliat dibawah ini.

 

Besar harapan saya dan tim untuk berlangsungnya peluncuran bisnis layanan kami dalam mengurangi sampah agar dapat diolah dengan baik oleh para recycle yang sudah bekerja sama dengan kami dan aplikasi kami juga menjembatani para pengepul dalam pengolahan sampah.

 

Banyak yang nanya sistem informasi itu worth it gak si untuk sekarang ini? Pastinya worth it ya sobat muda, Jurusan satu ini adalah jurusan mahal di dunia perkuliahan karena, nantinya pekerjaan inilah yang tidak hilang atau tak tergantikan. Sekarang ini di era serba digital banyak pekerjaan yang akan hilang karena kemajuan teknologi tetapi tidak bisa dipungkiri juga akan ada pekerjaan baru nantinya. Memang mahal berkuliah dijurusan ini tetapi, jika dilihat dari prospek kedepannya yang sangat cerah dan akan balik modal tentunya.

 

Kuliah mahal seperti ini apakah tidak stress? Bisa dibilang belum tentu, jika kalian mempunyai jiwa tantangan berkuliah sambil ngoding adalah pilihan paling tepat. “Tidak tidur bukanlah penghalang kami untuk tidak menyelesaikan pengkodingan dengan tuntas.” semboyan anak koding. Dan jangan ragu untuk berkuliah dijurusan Sistem Informasi, se CTlain banyaknya perusahaan yang cari anak IT, anak Sistem Informasi juga bisa membuat bisnis sendiri, so jangan ragu ya sobat muda !! See u!

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*