Tambang Ilegal di Kuday Bangka Diduga Dikendalikan ‘Orang Kuat’

Penambangan diduga ilegal yang membahayakan pipa PDAM Tirta Bangka

BANGKA (KM) – Penambangan illegal diduga dibekingi oleh orang-orang yang memiliki pengaruh kuat di Kuday, Bangka dari hasil pengamatan, Selasa (26/9)

 

Perlu diketahui, tambang ilegal tersebut sudah pernah ditertibkan oleh aparat penegak hukum, namun kembali beroperasi setelah beberapa waktu.  Jumlah tambang ilegal yang beroperasi cukup banyak, yaitu sekitar 30 ponton.

 

“Tambang ilegal tersebut beroperasi di dekat pipa milik PDAM Tirta Bangka, yang dapat menimbulkan risiko kebocoran,” kata seorang warga N.

 

Dugaan adanya beking kuat di balik tambang ilegal tersebut diperkuat dengan informasi dari warga sekitar yang menyebutkan bahwa timah hasil penambangan ilegal tersebut ditampung oleh seseorang berinisial MN.

 

“MN diduga merupakan orang yang memiliki pengaruh kuat di wilayah tersebut. Adanya beking kuat di balik tambang ilegal tersebut tentu menjadi tantangan bagi aparat penegak hukum untuk memberantasnya. Hal ini dikarenakan aparat penegak hukum akan menghadapi perlawanan dari para pelaku tambang ilegal yang didukung oleh bekingnya,” katanya.

 

Untuk mengatasi hal tersebut, aparat penegak hukum perlu bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, masyarakat, dan media massa.

 

“Kerja sama tersebut diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya tambang ilegal dan untuk memberikan tekanan kepada beking kuat tambang ilegal tersebut,” jelasnya.

 

Kapolres Bangka AKBP Taufik Noor Isya yang dimintai klarifikasi media belum memberikan keterangan atas kegiatan yang diduga ilegal tersebut.

Reporter: Aldo/ US

Editor: red

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*