HMI Komisariat UNPAK Gelar Ngamen Buku untuk Meningkatkan Minat Baca

Acara Ngamen Buku dengan tema "Nyanyian Anak Negeri" pada hari Sabtu/ Minggu, 26-27 Agustus 2023 di Prolog Kopi, Bogor.

BOGOR (KM)- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Universitas Pakuan (UNPAK) menggelar acara Ngamen Buku dengan tema “Nyanyian Anak Negeri” pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023 di Prolog Kopi, Bogor. Acara ini digelar secara berkala setiap akhir pekan dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca bangsa Indonesia.

Yoga Prasetia, founder dari Voice of Cita, mengatakan bahwa acara Ngamen Buku merupakan strategi untuk mengumpulkan donasi berupa buku.

“Jadi, ngamen buku ini merupakan acara musikan sembari mengumpulkan buku dari audiens, kemudian buku yang terkumpul akan diserahkan ke taman baca desa Sinarsari,” ujarnya.

Spirit yang mendasari dibuatnya acara ini yaitu meningkatkan minat baca bangsa Indonesia yang menurut data UNESCO masih rendah. “Minat baca bangsa Indonesia ini masih rendah, jadi kita coba berikhtiar untuk meningkatkan lagi mulai dari gerakan-gerakan kecil,” tutur Atta, founder Dedikasi Kita.

Pada hari pertama, acara Ngamen Buku berhasil mengumpulkan 13 buku dan ada juga yang donasi berupa uang tunai. Audiens yang hadir pada acara ini hampir semuanya kalangan mahasiswa dari beragam kampus, di antaranya IPB University, Universitas Pakuan, Institut Tazkia, Universitas Nusa Bangsa, dan Universitas Juanda.

Presiden Mahasiswa Universitas Pakuan, Ketua BEM FH UNPAK, Wakil Presma Institut Tazkia, dan Ketua Permahi juga turut hadir dalam acara ini.

Hilmy Muzafar, Ketua Umum HMI Komisariat Universitas Pakuan, berharap semangat untuk meningkatkan literasi anak bangsa harus terus dirawat. “Meskipun acara ini merupakan langkah kecil, tapi jika semangatnya terus terjaga insyaAllah akan berdampak besar,” ujar Hilmy.

Pada hari kedua, acara Ngamen Buku digelar pada hari Minggu, 27 Agustus 2023, pukul 19.00 WIB. Selain musikan, akan ada juga pembacaan puisi.

Acara Ngamen Buku ini mendapat sambutan positif dari masyarakat. Banyak yang mengapresiasi kegiatan ini karena dapat membantu meningkatkan minat baca bangsa Indonesia.

Reporter: Ki Medi

Editor: redaksi

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*